BKIPM Makassar Raih Penghargaan Top 3 Pelayanan Publik 2022

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Arahan Wakil Presiden RI untuk mendorong reformasi birokrasi yang lebih berdampak, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) membuat berbagai kegiatan seperti Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP).

Pada 2022, BKIPM Makassar yang ditunjuk  mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan berhasil masuk dalam Top 3 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Lingkup Kementerian/Lembaga dan mendapat penghargaan dari Menteri PAN RB, H. Abdullah Azwar Anas, M.Si.

Penghargaan diterima Sekretaris Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Hari Maryadi didampingi Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah di Hotel Bidakara Jakarta pada acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi, 6 Desember 2022.

Peringkat Penyelengara Pelayanan Publik ini berdasarkan hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik KemenPAN RB Tahun 2022.

BalaiBesar KIPM Makassar merupakan salah satu unit pelayanan publik Kementerian Kelautan dan Perikanan yang melayani masyarakat dalam penerbitan Sertifikat Kesehatan Ikan sebagai salah satu syarat lalu lintas komoditi perikanan di bandara dan pelabuhan di Sulawesi Selatan.

Menpan RB, H. Abdullah Azwar Anas juga menyampaikan arahan presiden terkait reformasi birokrasi. Ada tiga hal penting yang harus selalu dipahami dan dilaksanakan yakni birokrasi yang berdampak dan dirasakan langsung masyarakat; reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas, dan birokrasi lincah dan cepat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah menyampaikan penghargaan pelayanan publik ini telah melalui serangkaian seleksi, mulai Kementerian Kelautan dan Perikanan dan lolos sampai penilaian dari Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN buah dari RB.

“Penghargaan ini merupakan buah dari ikhtiar dan kerja keras seluruh pegawai BKIPM Makassar dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas,” terang Sitti.

Baca Juga :   Efek Domino Makro Ekonomi Akibat Covid 19

Penerimaan penghargaan ini menjadi kebanggaan tersendiri karena dari sekian banyak unit layanan publik kementerian lembaga yang mengikuti, BKIPM Makassar berhasil mendapat peringkat ke-3 secara nasional.

“Semoga pencapaian ini menjadi penyemangat baru untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih prima lagi dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat khususnya di sektor kelautan dan perikanan,” pungkas Sitti