P3M Poltekpar Makassar Laksanakan Bimtek Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata di Parepare

236
POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar melaksanakan Bimbingan Teknis Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata di Hotel Satria Wisata, Parepare, 14-15 Juli 2023.

Kepala P3M Poltekpar Makassar, Drs. Darmayasa, M.Pd menyampaikan, kegiatan dengan tema “Ekonomi tumbuh dan bangkit melalui desa wisata yang terkelola dengan baik”,  diikuti 30 peserta yang merupakan pengelola desa wisata dan daya tarik wisata di wilayah Kota Parepare dan Kabupaten Pinrang.

POTO : ISTIMEWA

Dikatakan, kegiatan ini merupakan realisasi program kerja Poltekpar Makassar bertujuan menyamakan persepsi dalam pengembangan potensi desa wisata di Kota Parepare dan Kabupaten Pinrang.

Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd.CHE., saat menyampaikan sambutan menyebutkan, Poltekpar Makassar sebagai satu-satunya perguruan tinggi Kepariwisataan berstatus negeri di wilayah Timur Indonesia terus berusaha membantu pengembangan sektor kepariwisataan khususnya Pengembangan Desa Wisata.

“Delapan Program Studi di Poltekpar Makassar terbuka untuk melakukan kolaborasi dalam pengabdian kepada masyarakat baik melalui pemerintah kota maupun secara langsung antardesa wisata yang dikelola kelompok sadar wisata di daerah masing-masing. Sehingga ke depan akan lahir desa wisata dari pare-pare atau pinrang yang berhasil meraih ADWI sebagaimana desa wisata yang telah bekerjasama dan menerima pembinaan dari poltekpar makassar” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Parepare, Amarun Hamka,S.STP yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan selain menggelar kegiatan Bimbingan Teknis, dirinya berharap Poltekpar Makassar melanjutkan kerjasama yang telah terjalin selama ini terutama dalam pendampingan dan perancangan pengembangan destinasi yang ada di Kota Parepare.

Sementara itu Safruddin, peserta yang merupakan Pengelola Kawasan Pantai Lawere Pinrang mengatakan selain menggelar bimbingan teknis seperti yang diikutinya tersebut dirinya berharap kedepannya akan ada program pendampingan dan pembinaan bagi masyarakat desa seperti KKN tematik atau studi lapangan atau sejenisnya yang dilaksanakan oleh Poltekpar Makasar sehingga dapat meningkatkan mutu dan keterampilan sumber daya manusia yang ada di desanya.

Baca Juga :   UT Makassar Kerjasama dengan BPS, Jaring Calon Mahasiswa Baru yang Berkualitas

Kegiatan Bimbingan Teknis ini menghadirkan beberapa orang narasumber yakni Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan pariwisata Kota Parepare, Amarun Hamka,S.STP., M.Si. yang membawakan materi “Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Parepare”, Andi Yuwono selaku Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia membawakan materi “Tata Kelola Destinasi Wisata”, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd.CHE., yang membawakan materi “Pelayanan Prima, Hygiene & Sanitasi di Desa Wisata” dan Dra. Margaretha W. Rante, M.Si. CHE. Yang membawakan “Identifikasi Potensi Desa Wisata”. (*)