SD Kristen Elim Makassar Persiapkan Siswa Terbaik untuk Mengikuti OSN

162
Proses seleksi internal OSN SD Kristen Elim Makassar. POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Sekolah Dasar (SD) Kristen Elim Makassar, menggelar seleksi internal dan bimbingan khusus lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) di gedung sekolah setempat, belum lama ini. Diikuti puluhan anak didik kelas III hingga kelas V.

Kepala Bidang Kurikulum SD Kristen Elim Makassar, Jonni T. Kayang S.PAK mengatakan, seleksi tahap pertama dilakukan secara terbuka pada siswa kelas 3 – 5 yang menduduki peringkat 1-6 dikelas masing-masing. Di mana, ada 10 kelas, sehingga yang ikut serta dalam seleksi tahap pertama sebanyak 60 siswa.

Dari 60 perserta, selanjutnya disaring menjadi 40 peserta untuk mengikuti seleksi selanjutnya hingga didapatkan 27 peserta terbaik. Ke-27 peserta ini kemudian dibina khusus untuk persiapan OSN.

“Dari 27 peserta terbaik, 13 peserta khsusus matematika dan 14 peserta khusus science,” ujar Jonni.

Ke-27 peserta tersebut mendapat bimbingan khusus dua kali dalam seminggu dengan menggunakan berbagai macam metode dan model yang sangat menarik. Salah satunya metode Gasing (Gampang Asik Menyenangkan). Pembinaan dilakukan usai jadwal PBM selesai.

POTO : ISTIMEWA

“Pembimbingnya adalah guru-guru kami sendiri di SD Kristen Elim Makassar,” sebutnya.

Mata pelajaran matematika sebut Jonni, merupakan ilmu dasar, baik aspek terapan maupun aspek penerapannya sangat berperan penting dalam penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

“Pelajaran matematika penting untuk menaklukan manusia terhadap alam dan pengembangan manusia dengan pembentukan cara-cara berpikir peserta didik,” tambah Jonni.

Penanggung jawab kegiatan, selain sebagai titik Koordinasi pada pimpinan SD Elim, terutama penanggung jawab kurikulum sehingga pada saat ada kegiatan lomba OSN setiap tahunnya, peserta inilah kembali diseleksi sesuai jumlah yang diminta.

Kepala SD Kristen Elim Makassar, Ruth Palamba S.Pd menambahkan, dengan metode yang dilakukan sebagai inovasi dan motivasi untuk memacu peserta didik agar bisa belajar dengan baik. Juga sebagai komitmen SD Kristen Elim Makassar, menuju sekolah terbaik di kota Makassar.

Baca Juga :   Memilih Saham di Masa Pandemi

Rismayanti