BKIPM Makassar Raih Penghargaan dari Kementerian Kelautan Dan Perikanan

195
Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah, memegang perhargaan yang diterima BKIPM pada puncak peringatan Harkodia di Jakarta, Senin (11/12/2023). POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Makassar meraih tiga penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Penghargaan diterima pada puncak peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) di Ballroom Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta, Senin (11/12/2023).

Ketiga penghargaan tersebut adalah Unit Pengendalian Gratifikasi Terbaik I dan penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Predikat Terbaik Penyedia Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan (Keduanya dari Kementerian Kelauatan dan Perikanan RI) serta penghargaan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik Penyedia Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Penghargaan diterima langsung Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah.

Sitti Chadidjah, menyebutkan, keberhasilan dan apresiasi ini tidak terlepas dari kerja keras dan semangat BKIPM Makassar dalam penegakan integritas dan peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan.

Aparatur Sipil Negara diharapkan harus terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, menyederhanakan bisnis proses pelayanan untuk menekan peluang korupsi sekaligus meningkatkan kinerja pelayanan publik.

Smentara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, pembangunan integritas tidak cukup dari sisi individu. Namun, harus dilakukan secara sinergi antara integritas individu dan integritas organisasi dengan fokus pembangunan dalam tata kelola kelembagaan.

“Penting untuk mencegah korupsi melalui edukasi dan kampanye anti korupsi ketimbang tindakan represif. Ini lebih efektif dan efisien.” terang Sakti.

Beberapa pencapaian positif di 2023 diakui antara lain Kementerian Kelautan dan Perikanan mendapatkan nilai indeks reformasi hukum dengan predikat istimewa dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Rangkaian kegiatan Hakordia juga telah dilaksanakan diantaranya Pelatihan Integritas Aparatur (PINTAR), talkshow Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK), jalan santai anti korupsi dan ditutup dengan acara puncak berupa pemberian award kepada unit kerja KKP yang berprestasi dalam penegakan integritas anti korupsi dan pelayanan publik.

Baca Juga :   Triwulan I-2022, Bapenda Makassar Bukukan Pendapatan Rp212 M

Harkodia 2023, KKP mengusung tema “Sinergi Berantas Korupsi Untuk Mewujudkan Ekonomi Biru”.

Editor : Bali Putra