50 UMKM Meriahkan Event Tentang Kuliner X QRIS

195
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Sebanyak 50 UMKM ambil bagian dalam event bertajuk Tentang Kuliner X QRIS Special Ramadhan, yang dilaksanakan di Nipah Park, 25 Maret – 19 April 2023.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan QRIS Ramadhan Festival, yang berkolaborasi dengan beberapa pihak. Diantaranya Bank Mandiri di Pelataran IMMIM dan Mall Ratu Indah, BRI di Gedung Mulo, APINDO di Lapangan Hasanuddin, dan ISEF di Muslim Fashion Show Claro Hotel.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel, Rudy Bambang Wijanarko mengatakan, akan ada berbagai kegiatan pendukung pada event tersebut, seperti kegiatan edukasi serta penukaran uang tahun emisi terbaru, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Uang Layak Edar menjelang Lebaran nanti.

Ia menjelaskan, pada event Tentang Kuliner X QRIS, seluruh transaksi pembayaran wajib dilakukan secara digital, melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

“Selain bazar kuliner dari UMKM, terdapat beberapa event menarik lainnya yang akan hadir selama periode kegiatan berlangsung. Antara lain yaitu creative workshop, fashion & handicraft bazar, live music dan community activity, serta layanan penukaran uang.

Untuk mendukung kegiatan ini, Bank Indonesia juga akan memberikan doorprize 2 unit motor, bagi merchant dengan transaksi terbanyak dan pengunjung yang beruntung.

“Ini merupakan upaya kami, untuk terus mengenalkan pembayaran yang jauh lebih cepat, mudah, murah, aman nidan andal bagi masyarakat dan pelaku usaha,” ujar Rudy Bambang Wijanarko.

Ditambahkan juga, event Tentang Kuliner X QRIS Spesial Ramadhan ini, merupakan salah satu kontribusi Bank Indonesia, untuk mendukung program kerja Pemerintah Kota Makassar , yang telah meluncurkan branding baru, Makassar Kota Makan Enak.

“Acara ini juga merupakan salah satu turunan dari inisiatif Bank Indonesia, dalam memperluas digitalisasi sistem pembayaran dan UMKM, khususnya di Sulawesi Selatan,” lanjutnya.

Baca Juga :   Aksi Tolak Kebijakan Pemerintah Naikkan Harga BBM

Dituturkan Rudy Bambang Wijanarko, transaksi ekonomi dan keuangan digital, khususnya QRIS, berkembang sangat pesat di Sulawesi Selatan. Ini merupakanbuah dari sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder.

“Hingga akhir Februari 2023, jumlah merchant QRIS di Sulsel telah mencapai lebih dari 781 ribu merchant, dimana 86 persen di antaranya adalah UMKM. Dari sisi demand, jumlah pengguna QRIS di Sulsel telah mencapai lebih dari 541 ribu orang. Melalui kegiatan ini, kami berharap penggunaan QRIS di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, dapat lebih meningkat, mengingat hampir 80 persen dari seluruh transaksi QRIS di Sulsel, berpusat di Kota Makassar,” ungkapnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Bank Indonesia kepada Pemerintah Kota Makassar, utamanya Dinas Pariwisata, yang turut memberikan support pada event Tentang Kuliner X QRIS Spesial Ramadhan.

Nur Rachmat