Accor Hotels Makassar Tanam 1.000 Bibit Pohon Mangrove

130
POTO : MARWIAH SYAM

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Jaringan grup Accor yang berada di Kota Makassar yang terdiri dari Novotel Makassar Grand Shayla, Mercure Makassar Nexa Pettarani, Ibis Makassar City Center, Ibis Styles Makassar Sam Ratulangi dan Ibis Budget Makassar Airport melakukan penanaman 1.000 bibit pohon mangrove di Ekowisata Mangrove Lantebung.

Dengan menggandeng komunitas lokal yaitu masyarakat Desa Lantebung, Accor Hotels Makassar turun langsung menanam bibit pohon mangrove di pesisir pantai untuk memberi dampak yang baik bagi wisata bakau Lantebung dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Perwakilan dari Accor Hotels Makassar, I Gede Pratama, mengatakan, kegiatan ini adalah rangkaian acara untuk memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada Jumat, 24 April 2022 kemarin.

“Ini juga menunjukkan komitmen kami dalam menjalankan salah satu pilar dan fokus dalam program Planet 21 yang dimiliki oleh Accor yaitu Plant for The Planet untuk menjaga Bumi kita agar tetap menjadi rumah yang hijau, lestari dan nyaman untuk kita dan anak cucu kita tinggali,” katanya melalui siaran persnya, Senin (25/4/2022).

Sebagai informasi, hotel-hotel Accor yang ada di Kota Makassar konsisten berkontribusi dalam program Acting Here Planet 21 melalui beragam tindakan nyata untuk menciptakan pengalaman positive hospitality bagi para tamu, contohnya di Novotel Makassar Grand Shayla selain peduli terhadap alam, juga aktif menjalin kerjasama dengan komunitas lokal yang bergerak dibidang pendidikan untuk anak-anak negeri melalui berbagai kegiatan sosial. Komunitas tersebut antara lain Komunitas Lintas Pelosok Ilmu, Komunitas Investasi Langit, Komunitas Ruang Kebaikan, Makassar Cycling Club, Komunitas Jumat Berkah dan beberapa komunitas lainnya di Kota Makassar.

Sementara, di Mercure Makassar Nexa Pettarani memanfaatkan lahan-lahan kecil yang ada di sekeliling bangunan hotel yang dijadikan kebun hijau dengan menanam aneka buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti pisang, pepaya, serai, pandan wangi, kemangi, lengkuas dan lain lain yang dapat dipanen dan diolah menjadi hidangan yang higienis, segar dan lezat untuk dinikmati oleh para tamu dan karyawan.

Baca Juga :   Dalton Hotel Tawarkan Kue Natal Spesial

Di Ibis Makassar City Center melakukan beberapa komitmen berkesinambungan sebagai upaya menciptakan sebuah lingkungan kecil yang sehat, sebagai contoh bagian daging yang tidak diolah dijadikan pakan ikan yang kemudian air dari kolam ikan dialirkan sebagai pupuk alami ke beberapa tanaman yang dimiliki.

Sementara, di Ibis Styles Makassar Sam Ratulangi mengumpulkan sampah karton, botol plastik, jerigen bekas dan sabun bekas untuk dijual ke pengepul lokal. Sedangkan sampah basah atau sisa makanan diambil oleh pengepul lokal untuk diolah menjadi pakan ternak serta pupuk organik. Salain itu, juga aktif dalam kegiatan rutin untuk kebersihan dan penghijauan yang dilakukan bersama masyarakat sekitar.

Sedangkan di Ibis Budget Makassar Airport menjalin kerjasama dengan mitra PT. Mall Sampah Indonesia untuk mengelola sampah kertas bekas, karton bekas dan botol plastik untuk dijual. Pihak manajemen juga aktif terlibat dalam komunitas Angkasa Pura Airport bersama semua associates dan tenants dalam aksi mendukung pengurangan sampah plastik di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

Kelima hotel tersebut juga aktif berdonasi dari hasil penjualan dan pengolahan barang bekas yang ditujukan kepada Yayasan Peduli Tunas Bangsa melalui sanggar ATFAC (A Tree For A Child) yang ada di Bali dan Jakarta untuk memberikan dukungan pendidikan dan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak yang kurang mampu. Tak lupa aksi penghematan energi, seperti air dan listrik yang juga melibatkan seluruh tamu yang menginap agar menggunakan air seperlunya dan mematikan peralatan listrik yang sedang tidak digunakan.

Marwiah Syam