Akselerasi Ekosistem EV, PLN dukung Gojek dalam Penyediaan Listrik Motor Operasionalnya di Makassar

134
PLN UIW Sulselrabar telah mengoperasikan 3 SPKLU dan 6 SPBKLU di Wilayah Kerjanya. POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Guna mengakselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) khususnya di kota Makassar dan sekitarnya, PLN mendukung Gojek dalam hal penyediaan lokasi penempatan 6 Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di lokasi strategis bagi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) operasionalnya. Menariknya, saat ini Gojek sendiri telah mengoperasikan 20 unit motor listrik di Kota Makassar.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar),  Awaluddin Hafid  menjelaskan saat ini di wilayah kerja PLN UIW Sulselrabar sudah mengoperasikan 3 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 6 Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang terletak di lokasi strategis.

POTO : ISTIMEWA

“Kami siap berkolaborasi dan mendukung Gojek dalam penyediaan lokasi SPBKLU kendaraan listrik guna mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Kota Makassar, karena PLN dan Gojek dalam hal ini memiliki komitmen yang sejalan yaitu mempercepat Net Zero Emissions (nol emisi karbon),” tandas Awaluddin.

“Kami optimis dengan beroperasinya infrastruktur SPKLU dan SPBKLU, pengguna kendaraan listrik akan semakin meningkat,” imbuhnya.

Salah seorang Mitra Driver Gojek, Ari mengungkapkan setelah menggunakan motor listrik ia tidak perlu lagi mengisi BBM dan tidak berisik.  “Setelah menggunakan motor listrik selama 2 minggu, motor listrik sangat nyaman digunakan, efisien dan dapat mengurangi polusi udara,” tutur Ari.

“Bagi pemilik kendaraan listrik, anda dapat langsung ke kantor PLN terdekat untuk menukarkan baterai anda ataupun mengisi dayanya. Kami berharap ke depannya, fasilitas penukaran baterai ataupun pengisian daya dapat diperbanyak,” imbuhnya.

Sementara itu, Marketing Manager EV PT Santomo Resource Indonesia (SRI), Shuntaro Yamaguchi mengucapkan terima kasih dan menyambut baik dukungan dari PLN. Pemasok motor listrik dan SPBKLU di Wilayah Indonesia Timur tersebut menargetkan pada tahun 2022, 500 unit motor listrik serta 160 SPBKLU akan beroperasi di Kota Makassar dan sekitarnya.

Baca Juga :   POLTEKPAR MAKASSAR ADAKAN PENYULUHAN KEPARIWISATAAN DI LUTIM

“Kami bersama PLN akan berkolaborasi guna mendukung pemerintah Indonesia dalam mewujudkan era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB),” tegasnya.

Tempat penukaran baterai kendaraan listrik dapat ditemukan pada lokasi strategis di Kota Makassar.
Berikut 6 SPBKLU yang terletak di Kota Makassar dan sekitarnya yaitu :
1. Kantor PLN UIW Sulselrabar (2 unit)
2. Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sunggumanasa
3. Kantor PLN ULP Mattoanging
4. Kantor PLN ULP Karebosi
5. Kantor PLN ULP Daya
6. Kantor PLN ULP Maros

Selain itu PLN UIW Sulselrabar juga menyediakan 3 unit SPKLU dengan rincian lokasi :
1. SPKLU PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan (50kW)
2. SPKLU PLN ULP Mattoanging (25 kW) di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan,
3. SPKLU PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) WuaWua (2×25 kW) di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara

Rls