Aksi Udara di Langit Losari Buka Makassar F8, Berhasil Pukau Pengunjung

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Ribuan masyarakat Kota Makassar, menjadi saksi dimulainya rangkaian pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum 2022, atau Makassar F8.

 

Masyarakat nampak antusias menyaksikan dan mengabadikan beragam momen demonstrasi udara, yang tampil sebagai pembuka hajatan akbar yang dimulai hari ini, Rabu (7/09)

Demo udara diawali dengan aksi pesawat Boeing 737- 200, yang mempertontonkan operasi intai udara. Pesawat berjuluk Duyung ini disertai sensor kamera resolusi tinggi, yang mendukung operasi pengawasan dan pengintaian secara real time, bahkan di malam hari.

Atraksi dilanjutkan dengan Operasi Mobilitas Udara dengan pesawat C-130 Hercules, dan melibatkan 18 Penerjun Pasukan Komando Gerak Cepat TNI Angkatan Udara dari Squadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin, yang terjun dari ketinggian 8.000 kaki.

“Berdasarkan hasil informasi intelijen yang diperoleh Duyung, obyek vital kekuatan musuh berhasil diidentifikasi, sehingga diputuskan misi sabotase kekuatan lawan untuk melemahkan pertahanan dan pengawasan lawan,” seru narator atraksi dirgantara Makassar F8 2022, Lettu Nav Aziziel.

Setelah itu, operasi SAR oleh helikopter NAS 332 Super Puma beraksi, mendemonstrasikan aksi penyelamatan korban dengan teknik hoist.

Akhirnya pesawat jet tempur Sukhoi pun beraksi. Dua unit Sukhoi 27 ini akan melakukan manuver Cross Over, disusul aksi sikulasi penyerangan dengan teknik split attack.

“Untuk persembahan terakhir kita akan terbang rendah dari arah belakang podiuk. Bersiaplah untuk merasakan gemuruh dari the Stinger, sebutan para penerbang Sukhoi 27/30 skuadron udara 11,” seru sang narator, Lettu Penerbang Avinash.

Beberapa menit sebelumnya demonstrasi dirgantara, di langit Makassar F8 dibuka dengan atraksi paramotor oleh TNI AU. Ada dua paramotor yang diterjunkan, masing-masing mengibarkan bendera Official Makassar F8 dan bendera ucapan “Selamat dan Sukses F8 Makassar 2022”.

Baca Juga :   Gubernur Sulsel Gunakan Layanan Home Charging, Kendaraan Listrik Semakin Diminati

 

Nur Rachmat
Foto: Masyudi Firmansyah