Antisipasi Kemacetan, Petugas Ketertiban Perumda Pasar Himbau Taati Aturan 

107
POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR –  Dalam rangka mengantisipasi pedagang musiman yang berjualan di area pasar Sentral menjelang Hari Raya idul Fitri, Perumda Pasar Makassar mengerahkan petugas Ketertiban untuk melakukan pengawasan terhadap pedagang musiman, Rabu (20/4/2022).

Pengawasan ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan diarea pasar,  dan juga mesalah Kamtibmas, yang kerap meresahkan warga atau pengunjung.

Salah satu staf Ketertiban, Muh. Jaenul, S. Sos mengatakan, kegiatan pengawasan ini merupakan tugas rutin yang dilakukan oleh bagian Ketertiban dan Keindahan.

“Sebenarnya bentuk pengawasan seperti itu, sudah menjadi tugas rutin kami di bagian ketertiban. Hanya untuk bulan Ramadan ini lebih diperketat lagi, guna mengantisipasi lonjakan pedagang yang dapat mengganggu arus lalu lintas,” ujarnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi kerawanan Kamtibmas. Yang juga kerap terjadi di bulan suci Ramadhan.

“Tugas kami, melakukan pengawasan kepada seluruh pedagang musiman yang benjualan di depan area pasar, dan menghimbau untuk tetap patuh protokol kesehatan Covid-19 di Pasar, sekaligus antisipasi kerawanan kamtibmas,” lanjut Jaenul.

Untuk itu dilakukan koordinasi bersama instansi terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan Kota Makassar dan Babinsa dan Bimmas setempat, di wilayah Kelurahan Ende, Kecamatan Wajo, Kota Makassar.

Diketahui, dari hasil pantauan tersebut,  pedagang musiman ini bermunculan dari pedagang lama yang punya lods di dalam pasar, yang kemudian membuka lapak baru diluar area sentral, dan sejumlah warga lain yang bermukim sekitaran sentral dan ikut membuka lapak. Namun sejauh ini masih cukup terkendali.

Nur Rachmat

Baca Juga :   Berbagi Ikan Untuk Tenaga Medis, Nelayan dan Masyarakat Terdampak