Antusias Sambut Kedatangan Sofha Marwah, Bupati Luwu Utara Siap Kawal Program PKK Sulsel

279
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani beserta jajaran, serta Tim Penggerak (TP) PKK Luwu Utara, antusias menyambut kedatangan Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, di Rumah Jabatan Bupati, Sabtu, 4 November 2023. Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Luwu Utara, Ketua TP PKK Luwu Utara, Kecamatan, Desa, dan Kelurahan, hadir menyambut kedatangan Sofha Marwah.

Indah mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten dan TP PKK Luwu Utara, siap mengawal program PKK Sulsel, dan program Pemerintah Provinsi yang dititipkan melalui PKK. Termasuk soal stunting dan kemiskinan ekstrem.

“Kami di Luwu Utara, kurang lebih memiliki 5 000 dasawisma yang dipastikan keaktifannya. Jika ini berfungsi, maka target pemerintah pusat dan pemerintah provinsi untuk penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem bisa dicapai. PKK punya kekuatan sampai ke tingkat bawah. Dasawisma kami sangat aktif, bahkan melaksanakan Jambore setiap tahunnya,” ungkap Indah.

Jambore PKK Luwu Utara rencananya akan dilaksanakan di Bulan Desember mendatang. Iapun mengundang Sofha Marwah untuk hadir, sekaligus mencoba menjajal wisata paralayang di Rongkong.

“Kami undang Ibu Ketua untuk hadir di Jambore PKK Luwu Utara. Kami masih sementara persiapkan lokasinya, karena desa berebut untuk dijadikan tempat jambore. Dan Kami juga undang Ibu Ketua untuk mencoba paralayang di Rongkong,” kata Indah, dalam pertemuan Silaturahmi dan Monitoring TP PKK Sulsel tersebut.

Sementara, Sofha Marwah dalam sambutannya mengungkapkan, stunting memang masih menjadi masalah dan “PR” bersama di Sulsel. Angkanya masih tinggi, 27 persen. Sementara, target yang diberikan pemerintah pusat adalah 14 persen. Begitupun dengan kemiskinan ekstrem.

POTO : ISTIMEWA

“Bapak Pj Gubernur memprogramkan budidaya pisang hingga satu miliar pohon, untuk menangani kemiskinan ekstrem juga stunting. Semoga bisa membawa manfaat bagi masyarakat Sulsel,” kata Sofha Marwah.

Baca Juga :   Mendagri Puji Penanganan Covid 19 di Kota Makassar

Iapun kembali mengingatkan, agar hasil Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) PKK Sulsel yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, bisa menjadi acuan dalam penyusunan program kerja TP PKK Luwu Utara tahun 2024 mendatang. Tentunya, tetap diselaraskan dengan program pemerintah daerah.

“Saya sangat berharap, peran aktif TP PKK Luwu Utara beserta jajaran hingga ke tingkat desa dan kelurahan, kader-kader dasawisma, untuk bersama-sama bergerak mensukseskan 10 program pokok PKK dan Pemerintah Provinsi Sulsel,” kata Sofha Marwah.

Dalam kesempatan ini, Sofha Marwah juga meninjau Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Luwu Utara dan produk IKM binaan Dekranasda Luwu Utara, yang dipamerkan di lokasi Rujab Bupati. Di lokasi ini juga digelar Sosialisasi Cegah Perkawinan Anak serta Pelatihan Operator Aplikasi Inzting (Ikhtiar Zero Stunting). (*)