Apel Gelar Pasukan , Awali Operasi Lilin 2020 di Selayar

POTO : ANDI FADLY DG. BIRITTA

BISNISSULAWESI.COM, SELAYAR – Operasi Lilin 2020, digelar serentak seluruh institusi kepolisian tanah air menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Kegiatan ini digelar di seluruh Indonesia terhitung, Senin, 21 Desember 2020, hingga 4 Januari 2021.

Dalam rangkaian tersebut,  Apel gelar pasukan dilaksanakan jajaran aparat Kepolisian Resort Kepulauan Selayar melibatkan unsur Polres Kepulauan Selayar, BKO Brimob Polda Sulsel, Kodim 1415/Selayar, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan pemadam kebakaran (damkar), Basarnas.

Apel gelar pasukan dihadiri jajaran anggota forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), berlangsung di area Lapangan Upacara Mapolres Selayar, Senin  (21/12).

Sebelum membacakan amanat dan sambutan seragam Kapolri, Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar yang diwakili Sekda, DR. Ir, Marjani Sultan M.Si, menyampaikan ucapan terima kasih kepada institusi Kepolisian Polres Kepulauan Selayar BKO Brimob Polda Sulsel, bersama jajaran Kodim 1415 Selayar dan back up Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) atas segala bentuk pengabdian, dedikasi, dan kerja keras aparat pengamanan dalam memback up terselenggaranya kegiatan Pilkada, pemilihan bupati dan wakil bupati yang aman, kondusif, tertib, dan terkendali dengan jumlah partisipasi pemilih tertinggi di Sulawesi Selatan.

Bertindak selaku pimpinan apel, Marjani Sultan, berkesempatan membacakan amanat dan penekanan Kapolri untuk dipedomani dan dijadikan acuan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas Polri pada penyelenggaraan Operasi Lilin 2020.

Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., melalui amanat, dan sambutan seragamnya menegaskan, giat pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung underestimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi Covid 19.

“Kita harus lebih peduli, jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster baru penyebaran covid-19,” pesannya.

Baca Juga :   Manajemen Astra Motor antar Unit ke Konsumen di Harpelnas

Berdasarkan mapping kerawanan yang dilakukan, tercatat beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan Narkotika, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum dan aksi kriminal lain.

Selain potensi gangguan kejahatan dan kriminal, jajaran institusi Polri  juga diminta memberikan perhatian dan atensi terhadap beberapa bentuk pelanggaran lalu lintas mulai dari aksi balapan liar, penggunaan knalpot racing, dan upaya untuk menekan potensi kecelakaan lalulintas. Juga ancaman bencana alam, banjir, tanah longsor sebagai dampak musim hujan.

Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Temmangnganro Machmud, S.IK, MH. mengimbau  masyarakat menghindari kerumunan dan tidak melaksanakan pawai kendaraan, balapan liar, serta kegiatan berkumpul, pesta miras, penyalahgunaan narkotika yang dapat memicu kerawanan kamtibmas.

Arahan dan himbauan juga disampaikan bagi warga Nasrani yang akan melaksanakan Ibadah Natal untuk tetap mematuhi standar protokol kesehatan Covid 19 .

Warga juga diminta untuk mewaspadai segala bentuk potensi  bencana alam selama  musim barat yang disertai guyuran hujan hingga berpotensi untuk menimbulkan potensi banjir serta tanah longsor. ***/Andi Fadly Dg. Biritta