Archipelago International Gelar Barista Latte Art Competition 2022

113
Dua peserta unjuk kebolhan langsung hadapan para juri pada Barista Latte Art Competition 2022 yang digelar Archipelago Internasional di ON20 Hall & Dine Hotel Aston Makassar, Senin, 1 Agustus 2022. POTO : MASYUDI FIRMANSYAH

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Archipelago International menggelar Barista Latte Art Competition 2022, Senin (01/08/2022). Sebanyak 20 peserta yang berasal dari kafe-kafe, restoran, lounge yang ada di Sulawesi Selatan, ikut ambil bagian dalam kompetisi yang baru pertama kalinya digelar di kawasan Indonesia Timur.

Barista Latte Art Competition 2022, digelar mulai pukul 09.00 – 15.00 Wita dan berlangsung di ON20 Hall & Dine Hotel Aston Makassar.

Disela-sela acara, Ketua Panitia, Muhammad Zubair menyebutkan, kompetisi ini digelar karena melihat selama ini keberadaan barista di Makasar sudah sangat banyak mulai kafe-kafe dan lainnya. Oleh karenanya, Zubair sangat optimis bahwa animo peserta yang akan ikut kompetisi ini sangat banyak.

“Terbukti, tidak sampai dua bulan di blasting, setelah technical meeting hari sabtu, pada minggu hingga dini hari ternyata masih banyak yang mendaftar. Karena terlambat melakukan pendaftaran, makanya kami maksimalkan hanya 20 peserta. Pesertanya bukan hanya dari grup archipelago,” ujar Zubair.

Diakui, ini merupakan kegiatan yang pertama kali digelar Archipelago Interenasional di  di indonesia timur. Berbeda dengan kawasan di luar Indonesia timur seperti Jawa, Bali, kegiatan semacam ini sudah sering digelat.

Kompetisi digelar secara battle, bersaing dua-dua dan peserta akan langsung tampil berkompetisi di depan juri yang diantaranya berasal dari Barista Class, dari Group Archipelagi dan IFBMA (Indonesia Food and Beverage Manager Association). Ada beberapa indikator penilaian seperti nilai seninya, keuntuhan gambar, kesimetrisan gambar dan lainnya.

“Sebagaimana halnya di badminton, kompetisi ini ada beberapa tahapan, mulai tahapan penyisihan, perempat final, semi hingga final,” ujar Zubair seraya menambahkan, pada tahapan final nantinya diikuti 4 peserta namun satu peserta gugur  sehingga hanya menyisakan juara 1, 2 dan juara 3.

Baca Juga :   Jelang Tahun Ajaran Baru, Penjualan Seragam Sekolah Lesu

Untuk pemenang, Zubair menyebutkan bahwa panitia sudah menyipakan hadiah jutaan rupiah ditambah merchandise.

“Juara I meraih hadiah senilai Rp 1 juta, juara II, Rp 700 ribu dan juara III, Rp 500 ribu ditambah hadiah-hadiah berupa merchandise,” sebutnya.