BI Sulsel Dorong Pengembangan Pariwisata dan Penguatan Ekosistem Pembayaran Digital di Selayar

170
BI Sulsel terlibat aktif pada “Festival Taka Bonerate Dive Camp 2023”, yang berlangsung 26 - 30 Oktober 2023. BI Sulsel menjadi salah satu mitra pemda untuk mendukung pengembangan pariwisata dan penguatan ekosistem pembayaran digital di Kepulauan Selayar dan Kawasan Taka Bonerate. POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) terlibat aktif pada “Festival Takabonerate Dive Camp 2023”,  yang berlangsung 26 – 30 Oktober 2023.

Dalam event bertema “Pesona Bahari Kemilau Budaya”, BI Sulsel menjadi salah satu mitra pemerintah daerah (pemda) sebagai bentuk dukungan BI dalam pengembangan pariwisata dan penguatan ekosistem pembayaran digital di Kepulauan Selayar dan Kawasan Takabonerate.

Diantaranya dengan memberikan dukungan perlengkapan panitia dan mengolaborasi kegiatan yang inline dengan program kerja BI yakni pelaksananaan User Experience Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Perlindungan Konsumen serta sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP).

Festival Takabonerate dipusatkan di Kota Benteng Selayar, Pulau Jinato dan Pulau Tinabo dengan melibatkan warga semua Kecamatan.

Hadir Deputi Direktur BI Sulsel, Edy Kristianto, didampingi Tim Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran dan Tim Pengelolaan Uang Rupiah.

QRIS, standar QR Code pembayaran non tunai yang harus digunakan semua penerbit QR Code baik bank maupun non bank dengan satu QRIS untuk semua.

Kegiatan User Experience QRIS bekerja sama Dinas Pariwisata dan perbankan Selayar seperti Bank Sulselbar, BRI, BNI dan Bank Mandiri dengan melakukan akuisisi terhadap UMKM peserta Festival Takabonerate maupun UMKM/pelaku usaha di Kabupaten Kepulauan Selayar. Bertujuan agar digitalisasi non tunai pada sistem pembayaran dapat teraplikasi dengan baik dalam rangka memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Dengan kegiatan User Experince QRIS semakin banyak masyarakat teredukasi mengenai penggunaan QRIS untuk pembayaran non tunai pada mobile banking dan e-walet yang mereka gunakan. Juga praktek langsung penggunaan QRIS kepada pengunjung festival dengan memberikan hadiah menarik bagi peserta yang berhasil menggunakan pembayaran non tunai menggunakan QRIS.

Baca Juga :   Begini Cara Flores, Toraja, Wakatobi, dan Tanjung Puting Promosi Potensi Pariwisata Baru di ITB Berlin 2018

Diharapkan target pengguna baru QRIS untuk Sulsel sebesar 547.884 dan target nasional 16.244.433, dapat tercapai hingga akhir 2023.

Kegiatan sosialiasi CBP Rupiah dalam Festival Takabonerate, bertujuan meningkatkan kecintaan pada rupiah, dengan cara mengenali dan merawat dengan baik serta menjaganya.

Kemudian, Bangga Rupiah dengan cara menggunakan dan mematuhinya sebagai satu-satunya pembayaran yang sah sekaligus sebagai simbol kedaulatan dan alat pemersatu bangsa.

Paham Rupiah dengan cara menggunakan Rupiah secara cerdas dalam bertransaksi, berbelanja dan berhemat.

Pemda dan Balai Taman Nasional Takabonerate telah menerbitkan Surat Edaran Bupati tentang Transaksi Pembayaran Digital bagi ASN Kab Kepulauan Selayar.

Para Kadis mencoba transaksi QRIS didampingi pegawai BI dan komitmen akan menularkan hal ini kepada ASN dan masyarakat sesuai tupoksi.

Kepala Balai Taman Nasional Takabonerate, Ahmad Yani juga memfasilitasi melalui humas untuk pelaku usaha Kepulauan bisa mendapatkan QRIS dan Edukasi Literasi Keuangan lebih lanjut.

Masyarakat dan wisatawan menyatakan pembayaran QRIS makin memudahkan transaksi di Kepulauan khususnya yang sudah ada signal lalu pulau yang belum ada signal akan mengedepankan Cinta Bangga Paham Rupiah supaya pembayaran secara Cash juga berjalan lancar.

Sementara perbankan, baik BPD Sulselbar, BRI, Mandiri dan BNI di Selayar menyambut gembira inisiasi BI sehingga memudahkan perbankan dalam melakukan perluasan QRIS baik kepada ASN, lokasi wisata, pertokoan dan UKM, warung dilokasi wisata baik di Selayar Daratan maupun Kepulauan.

Diharapkan, dengan sinergi bersama, perekonomian Kepulauan Selayar semakin menggeliat.

*/Editor : Bali Putra