BI Sulsel Launching Program Pasar dan Pusat Belanja SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru

POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) bersama Dinas Perdagangan dan Perumda Pasar Makassar Raya me-launching Piloting Program Pasar dan Pusat Belanja Sehat, Inovatif Aman Pakai (SIAP) QRIS di Pasar Kampung Baru Makassar, Senin (13/12/2021). Selain di Pasar Kampung Baru, launching SIAP QRIS juga dilakukan di 3 (tiga) mall, Mall Transmart, Mall Nipah dan Mall Panakukkang.

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Causa Iman Karana menyebutkan, program SIAP QRIS merupakan kerja sama BI – Kementerian Perdagangan terkait penggunaan QRIS baik offline dan online pada pasar dan pusat perbelanjaan (mall) dalam upaya mendukung program Digitalisasi Pasar Rakyat.

BI Sulsel menyerahkan secara simbolik Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa sarana digitalisasi pasar kepada Pasar Kampung Baru Makassar. Bantuan PSBI merupakan bentuk dukungan BI untuk mewujudkan Program Digitalisasi Pasar bekerja sama Pemerintah Daerah, Perbankan, Pengelola Pasar serta Asosiasi Pedagang untuk memfasilitasi pembayaran non tunai.

Khusus piloting Program Pasar SIAP QRIS di Pasar Kampung Baru Makassar dan 3 mall, BI Sulsel bersinergi dengan Dinas Perdagangan, Bank Rakyat Indonesia, Bank Sulselbar, Perumda Pasar Makassar Raya, Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (Asparindo) di Makassar dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sulawesi Selatan dan Barat.

“BI komit memperluas akseptasi pembayaran digital dan implementasi QRIS, termasuk di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Perlu sinergi dan komitmen berbagai pihak, terutama pimpinan daerah,” ujarnya.

Pasar Kampung Baru merupakan salah satu pasar di Makassar yang telah mengimplementasikan QRIS. Saat ini, lebih dari 80 pedagang (90%) menerima pembayaran non tunai melalui QRIS.

Perumda Pasar Makassar Raya sebagai pengelola Pasar Kampung Baru turut me-launching Baruga Pasar, aplikasi untuk memasarkan produk pedagang pasar secara online. Ke depan, implementasi QRIS akan difasilitasi hingga untuk pembayaran parkir dan retribusi.

Baca Juga :   Jelang Arus Mudik, PMI Makassar Gelar Simulasi Penanganan Kecelakan Lalu Lintas

QRIS sendiri diluncurkan BI,17 Agustus 2019 dan efektif diimplementasikan secara nasional, 1 Januari 2020. Pada 2021, BI menargetkan implementasi 12 juta QRIS secara nasional, di mana per 12 November 2021 telah tercapai 12,5 juta merchant pengguna QRIS.

Sulsel berada di posisi ke-7 provinsi dengan jumlah merchant tertinggi, sebanyak 469.569 merchant. Sebanyak 82,13% dari total QRIS Sulsel, merupakan merchant dengan kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

rls