Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sulsel Gelar Sosialisasi Digitalisasi Belanja Pemerintah

225
Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Sulsel menggelar Sosialisasi Integrasi Belanja Pengadaan Pemerintah dengan Digital Payment Bank Sulselbar dan Penerbitan Tanda Tangan Elektronik pada Aplikasi BajuBodo di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (27/07/2023). POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR –┬áBiro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Sosialisasi Integrasi Belanja Pengadaan Pemerintah dengan Digital Payment Bank Sulselbar dan Penerbitan Tanda Tangan Elektronik pada Aplikasi BajuBodo di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (27/07/2023).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten II Bidang Perekonomi dan Pembangunan Setda Prov. Sulsel, Ichsan Mustari yang didampingi oleh Plt. Kepala Biro PBJ Setda Prov. Sulsel Marwan Mansyur.

Dalam sambutannya, Ichsan Mustari menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut merupakan upaya memperbaiki sistem kerja sebagai birokrat atau ASN.

Kegiatan sosialisasi Integrasi Belanja Pengadaan Pemerintah dengan Digital Payment Bank Sulselbar dan Penerbitan Tanda Tangan Elektronik pada Aplikasi BajuBodo dibuka Asisten II Bidang Perekonomi dan Pembangunan Setda Prov. Sulsel, Ichsan Mustari. POTO : ISTIMEWA

“Salah satunya adalah bagaimana meningkatkan efektifitas dan efisiensi, termasuk proses belanja barang, di mana hal ini salah satu yang selalu menjadi perhatian dari aparat penegak hukum. Sehingga, tentu kita sebagai pengelola belanja barang didorong untuk memperbaiki proses-prosesnya,” kata Ichasan.

Ia menambahkan, terdapat 4 (empat) hal yang harus diperbaiki untuk menciptakan pegawai-pegawai yang baik, khususnya terkait belanja barang, antara efektifitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi.

“Hanya sistem yang baik yang membuat orang berubah menjadi baik. Namun yang terpenting adalah apa yang selalu disampaikan bapak Gubernur terkait integrasi. Perubahan menjadi hal yang penting, namun pada perubahan yang mengarah pada integritas dan komitmen moral, dan apa yang kita lakukan merupakan bagian dari itu semua,” tambahnya.

Ichsan berharap melalui kegiatan sosialisasi tersebut akan diperoleh masukan-masukan yang lebih baik untuk pengembangan digitalisasi belanja barang Pemprov Sulsel ke depan.

“Mari kita semua menguatkan integritas untuk menjadi lebih baik. Sama-sama kita saling mengingatkan agar apa yang menjadi proses-proses kerja kita menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut selanjutnya diisi dengan pemaparan oleh narasumber terkait Pemanfaatan Sertifikat Elektronik Sebagai Tanda Tangan Elektronik oleh Kepala Bidang Persandian Diskominfo-SP Prov. Sulsel Sultan Rakib, Penambahan Fitur Tanda Tangan Elektronik dan Digital Payment Bank Sulselbar pada Marketplace BajuBodo oleh Pengembang Sistem Marketplace BajuBodo Irwan Azis, dan Penerapan Digital Payment Bank Sulselbar pada Marketplace BajuBodo oleh Pemimpin Departemen Ritel Divisi Kredit Bank Sulselbar Marhuma Umar.

Baca Juga :   7 WNA di Makassar Telah Ajukan Permohonan Penerbitan KTP Elektronik