Danny Pomanto Dampingi Presiden Jokowi Blusukan Ramadan di Pasar Terong

152
Jokowi puji stabilitas harga pangan di Makassar. Danny Pomanto menyatakan pihaknya akan terus melakukan intervensi. POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Ratusan pedagang Pasar Terong Makassar dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyambut hangat kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Pasar Terong, Makassar, Rabu, (29/03/2023).

Meski masih dalam suasana puasa, tak menjadi penghalang bagi orang nomor satu di Indonesia itu blusukan ke ratusan pedagang di sana.

Danny Pomanto mendampingi titik demi titik kunjungan Jokowi. Sesekali keduanya bercakap-cakap dengan pedagang. Bersalaman, berdiskusi singkat mengenai bahan pokok hingga harga sembako.

Jokowi dan Danny Pomanto berjalan di sepanjang jalan Pasar Terong tanpa lelah beriringan bersama warga. Riuh tepuk tangan dan yel-yel terhadap Jokowi pun terus menggema.

Merespons masyarakat, Jokowi membagi-bagikan kaos hitam bergambar dirinya. Para pedagang di sekitarnya pun langsung menangkap baju-baju yang diberikan presiden dua periode ini.

Tidak hanya baju, Presiden juga menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada pedagang, berupa Bantuan Modal Kerja (BMK), Bantuan Langsung Tunai (BLT), hingga sembako.

Di sepanjang jalan Pasar Terong, semua pedagang mendapatkan sembako gratis berisi beras, gula, minyak goreng dan beberapa lainnya.

Hingga akhir blusukan di jalan Bawakaraeng, Jokowi pun terus memberikan beberapa kaos bergambar dirinya.

Dalam rangka meninjau harga sembako di Pasar Terong, Danny Pomanto mengaku presiden puas dengan stabilitas harga pangan, khususnya cabai.

“Beliau sampaikan bahwa cabai di sini sangat murah dibanding tempat lainnnya. Di tempat lain sampai Rp90 ribu perkilogram di sini Rp40 ribu,” kata Danny Pomanto usai mendampingi presiden, sore tadi.

Jadi harganya pun stabil. “Beliau puas sekali dengan harga-harga bahan pokok di Makassar,” tekannya lagi.

Meski begitu, ia tak menampik adanya fluktuasi harga karena merupakan dampak dari momen hari besar keagamaan atau puasa. “Kita intervensi dengan semua jejaring di daerah; penghasil bahan pokok, kita akan beli untuk menopang harga agar tidak naik,” jelasnya.

Baca Juga :   Menjangkau Daerah 3T, PLN Listriki 51 Desa Se-Sulselrabar Sepanjang 2023

Apalagi, beberapa program Pemkot Makassar seperti Pasar Murah, Gerakan Terus Menanam hingga launching Makassar Kota Makan Enak membantu menjaga kestabilan harga bahan pokok di pasaran.

Sebelumnya, lanjut dia, harga beras cukup naik, tetapi mulai turun. Sementara, cabai memang cenderung mengalami volatilitas harga yang cepat.

Olehnya dari hasil peninjauan siang tadi, diketahui harga bahan pokok terpantau kondusif.

Diketahui, Danny Pomanto bersama jajaran dan masyarakat menyambut presiden sekitar pukul 17.00 WITA, sekira setengah jam lebih menyapa warga Jokowi dan rombongan bergeser dari Pasar Terong.

(*)