Dirjen Bimas Hindu Tegaskan Pemuda Hindu Harus jadi Pencerah Masyarakat

394
Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, Prof. Duija membuka Lokasabha XII DPP Peradah Indonesia Sulsel yang ditandai dengan pemukulan gong, Sabtu (18/05/2024). POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si., mengajak pemuda Hindu Sulsel mampu memberikan pencerahan di tengah masyarakat dan menjadi perpanjangan tangan pemerintah. Penegasan itu disampaikan Prof Duija saat menjadi keynote speaker sekaligus membuka Lokasabha (Musyawarah Daerah) XII Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulawesi Selatan yang dirangkai Seminar Kepemimpinan, di Unhas Hotel & Convention Makassar, Sabtu (18/05/2024).

Musyawarah Daerah XII DPP Peradah Indonesia kali ini bertema “Akselerasi Pemuda Hindu Sulawesi Selatan Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Poto bersama usai acara pembukaan Lokasa XII DPP Peradah Indonesia Sulsel. POTO : ISTIMEWA

“Sebagai pemuda Hindu yang berhimpun dalam organisasi sebesar Peradah dan bernafaskan keagamaan, harus bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat sebagaimana arahan pak Menteri,” ujar Prof. Duija.

Nengah Duija juga berharap Pemuda Hindu mampu melakukan kolaborasi dengan semua instansi baik pusat maupun daerah, sehingga kerukunan dapat terwujud dan mampu mengakselerasi kemajuan bangsa.

“Sekarang ini, tidak ada istilah bersaing, tapi berkolaborasi. Sudah tidak jamannya berebut kekuasaan, namun kolaborasi yang dikedepankan, sehingga kita bisa bekerja dengan baik untuk mewujudkan kemajuan bangsa,” tambah Prof. Duija.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili Staf Ahli Bidang Kesra, DR. Jayadi Nas, M.Si., menyambut baik pelaksanaan Lokasabha XII Peradah Sulsel dan berharap dapat menghasilkan program nyata sesuai perkembangan jaman.

“Program Peradah harus nyata sesuai dengan perkembangan jaman, siapkan diri sehingga mimpi Indonesia Emas 2045 benar-benar terwujud, dan pemuda Hindu harus mengambil peran didalamnya,” harap Jayadi.

Selanjutnya Ketua Umum DPN Peradah Indonesia I Gede Ariawan berharap DPP Peradah Sulsel selalu konsisten dalam meningkatkan eksistensi organisasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

“Sebagai organisasi yang dinamis, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman khususnya teknologi informasi, sehingga mampu membuat organisasi kita menjadi dinamis,” harap Ige.

Baca Juga :   Begini Kemeriahan, "Rolling City Touring Honda PCX Club Indonesia" di Makassar

Sementara itu, Putu Nopa Gunawan selaku Ketua DPP Peradah Sulawesi Selatan mengajak kepada pemuda Indonesia untuk menjunjung tinggi semangat patriotisme dan sinergitas antara Pemuda dan Pemerintah sebagai bagian dari komitmen untuk memajukan Indonesia.

“Semangat patriotisme dan sinergi menjadi kunci, bagaimana kita mencintai tanah air dan bekerjasama antar pemuda dan pemerintah dalam mempersiapkan SDM yang unggul sebagai komitmen memajukan bangsa,” harap Nopa.

Untuk Seminar Kepemimpinan, kegiatan ini menghadirkan pembicara diantaranya Wakil Rektor Universitas Dipa Makassar Komang Aryasa, S.Kom., MT., Dirut BPR Hasamitra I Nyoman Supartha, SE, dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan.

Hadir juga Pembimas Hindu Provinsi Sulawesi Selatan, Organisasi Kepemudaan Se-Sulawesi Selatan, KNPI Sulsel, Organisasi Hindu se-Sulawesi Selatan, DPK Peradah se-Sulsel dan diikuti oleh Kader-kader Peradah dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Editor : Bali Putra