Disdik Sulsel Jamin PPDB Offline di Wilayah Remote Area Berjalan Profesional

159
POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menjamin Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara offline di wilayah remote area di Sulsel berjalan profesional.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Sulsel, Asqar, menyatakan, tahun ini memang masih ada SMA di Sulsel yang akan melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara offline.

Hal ini dikarenakan lokasi sekolah yang terletak di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil) yang menyebabkan tak satu pun provider telekomunikasi mampu menjangkau wilayah tersebut. Selain jaringan internet, jaringan listrik di wilayah tersebut juga tidak maksimal, sehingga secara teknis pelaksanaan PPDB hanya dimungkinkan secara offline.

“Pertama, sekolah tersebut berada di area sangat sulit atau 3T. Kedua, tidak ada jaringan internet, listrik saja kesulitan. Sehingga sekolah tersebut dalam PPDBnya dilakukan secara offline,” kata Asqar, Kamis (2/6/2022).

Meski PPDB dilaksanakan secara offline, kata Asqar, namun Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel menjamin proses yang berlangsung tidak akan merugikan para pendaftar. Transparansi tetap menjadi hal utama yang dikedepankan dalam PPDB tersebut. Apalagi mengingat, sebagai sekolah kecil, jumlah pendaftar selalu lebih sedikit dibanding kuota yang tersedia sehingga otomatis diterima dalam PPDB.

“Meskipun menggunakan sistem offline, namun semua proses pada PPDB tetap sama. Jadwal PPDB online maupun offline sama-sama dimulai tanggal 20 Juni mendatang. Semua proses PPDB, baik online maupun offline, juga akan menjadi perhatian khusus serta bahan monitoring dari cabang dinas di daerah tersebut,” katanya.

Marwiah Syam

Baca Juga :   Seleksi Murid Baru Via Online