Enam Kemudahan Baru di Situs Web Pajak untuk Masyarakat

463

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Pada pekan ini, situs web pajak.go.id memiliki fitur-fitur baru yang akan memudahkan masyarakat atau wajib pajak dalam mengaksesnya.

Menu Aksesibilitas
Pada evaluasi Tadat (The Tax Administration Diagnostic Assessment Tool) bertahun-tahun lampau, ada catatan khusus untuk situs web pajak.go.oid. Situs web pajak dinilai tidak bisa membantu masyarakat disabilitas.

Dari catatan itu, Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, DJP sebagai pengampu situs web pajak mengajukan permintaan perubahan (request for change) kepada Direktorat Teknologi Informasi dan Komunikasi, DJP untuk mengupayakan hal tersebut.

Setelah menyelenggarakan rapat berkali-kali dan melakukan banyak perbaikan, akhirnya menu itu bisa dibuat dan diluncurkan untuk masyarakat. Menu itu berada di sebelah kiri layar komputer atau ponsel dengan ikon berwarna biru.

Sekarang, masyarakat bisa menyesuaikan ukuran huruf situs web sampai 200% lebih besar, menyesuaikan warna, mengakses panduan membaca, mengubah kursor menjadi lebih besar, atau lebih ramah kepada penderita buta warna.

Ramah SEO
Dulu, masyarakat juga sering mengeluhkan situs web pajak yang jarang terlihat di halaman pertama mesin pencarian Google walaupun dengan kalimat pencarian yang lebih spesifik. Pada saat ini, situs web pajak telah memiliki peta situs yang telah tersambung dengan Google Search Concole. Dengan peta situs tersebut memudahkan Google Bot menelusuri dan mengindeks konten yang ada di situs web pajak.

Menu Bagikan
Situs web pajak sudah memiliki menu bagikan untuk media sosial tertentu, seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Telegram, LinkedIn, dan ikon salin. Adanya menu ini memudahkan masyarakat untuk berbagi konten-konten penting yang ada di situs web pajak.

Mobile Repsonsif
Sebelumunya, masyarakat sering mendapatkan tampilan menu peraturan pajak yang amburadul saat mengaksesnya melalui ponsel. Pada saat ini, menu peraturan sudah diperbaiki tampilannya sehingga tampak lebih rapi.

Baca Juga :   Hari Guru 2019, Rektor UNM: Guru Punya Peranan Dalam Perubahan

Tautan Konten
Ketika masyarakat menyalin (copy) sebagian atau seluruh teks dari salah satu konten yang ada di situs web pajak.go.id, akan muncul tautan yang menginformasikan sumber tautan pada saat teks itu direkatkan di sebuah platform (Whatsapp atau Microsoft Word). Walaupun memang tautan itu masih bisa dihapus oleh penyalin, tetapi adanya tautan yang muncul secara otomatis itu akan memberikan kesadaran soal menghindari plagiarisme.

Mengunduh Cukup dengan Satu Klik
Kemudahan lainnya adalah masyarakat sekarang sudah bisa mengunduh dokumen format pdf dalam satu klik. Sebelumnya masyarakat sering kesulitan mengunduh dokumen itu di situs web pajak. Dokumen harus berkali-kali diklik atau muncul di next windows.

Satu tujuan utama dari deretan perbaikan di atas adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat. Tahun depan, akan banyak lagi kemudahan itu karena DJP meluncurkan sistem baru berupa Sistem Inti Administrasi Pajak (core tax). (*)