Esok, Andi Sudirman Sulaiman Dilantik Gubernur Sulsel, Bagaimana Pandangan Pengamat Politik?

162

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) akan dilantik sebagai Gubernur Sulsel defenitif oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (10/3/2022) esok.

Pengamat Politik Pemerintahan dari kalangan akademisi, Arief Wicaksono, mengatakan, Andi Sudirman telah mencerminkan sistem pemerintahan yang clean dan good governance.

“Semangat pemerintahan yang efektif, efisien dan profesional ingin dicapai oleh Andi Sudirman Sulaiman,” katanya.

Dalam setahun terakhir, Andi Sudirman Sulaiman, telah menancapkan capaian, diantaranya perekonomian Sulawesi Selatan pada 2021, dimana secara kumulatif tumbuh di angka 4,65 persen. Hal ini merupakan capaian yang positif, di mana tahun 2020 mengalami kontraksi di angka -0,70 persen.

Selain pemulihan ekonomi, angka kemiskinan juga tercatat di angka 8,53 persen atau mengalami penurunan 0,25 persen. Begitu pun, angka pengangguran juga berhasil ditekan sebesar 0,59 persen.

Tak hanya itu, pada 2021 lalu, investasi di Sulsel juga tercatat meningkat siginifikan yakni sebesar Rp16,60 triliun atau tumbuh 32,37 persen, dibanding tahun 2020.

Marwiah Syam

Baca Juga :   Walikota Danny Sapu Bersih 3 Penghargaan Pelayanan Publik Indonesia