Fakultas Peternakan Unhas Panen Ayam Bersama di Unit Closed House

241
POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Fakultas Peternakan Universitas Hasanudin menyelenggarakan panen ayam broiler pada unit Closed House, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Senin, 01 Mei 2023. Hadir Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc.

Kepala Laboratorium Produksi Ternak Potong Fakultas Peternakan Unhas, Prof. Dr. Ir. Sudirman Baco, M.Sc., memaparkan, unit Closed House merupakan hibah kerja sama PT. Charoen Pokphand. Dua bulan lalu unit ini mampu memperoleh keuntungan Rp 115 juta dan terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Target Unit Closed House Unhas, membuat ayam menjadi nyaman, sehat, tidak stres, hingga produksinya optimal, untung, dan berkelanjutan. Dari aspek higienis, kami sudah melakukan yang terbaik,” jelas Prof. Sudirman.

Dekan Fakultas Peternakan, Dr. Syahdar Baba, SPt., M.Si., menambahkan, Fakultas Peternakan Unhas melakukan beberapa upaya pengembangan untuk menghasilkan lulusan unggul berdaya saing.

Rencana pengadaan program mensinergikan perguruan tinggi, industri dan finansial oleh Bank Indonesia salah satunya dapat dilakukan melalui Hyre Program yang juga menjadi bagian dari program merdeka belajar, kampus merdeka.

POTO : ISTIMEWA

“Kami akan memagangkan mahasiswa selama enam bulan di Closed House, kemudian mengadakan inkubasi dan penyelesaian tugas akhir. Setelah mereka mempunyai karakter dan kemampuan yang kompeten, tinggal didukung sistem keuangan. Harapan kami, ke depan peternak merupakan lulusan dari jurusan peternakan,” jelas Dr. Syahdar Baba.

Rektor Unhas Prof. JJ memberikan apresiasi atas upaya peningkatan kualitas yang terus dilakukan oleh Fakultas Peternakan Unhas. Dirinya mengharapkan, proses penguatan universitas dapat terus dilakukan melalui kolaborasi dan inovasi yang dilakukan oleh para sivitas akademika lingkup Unhas.

“Unhas merupakan satu kesatuan yang memiliki tugas dan tanggungjawab dalam mendorong kemajuan bangsa melalui penguatan peran universitas. Proses akademik yang dilakukan bukan hanya bertujuan untuk menghasilkan lulusan berdaya saing, tapi bagaimana universitas berpikir secara luas dalam mengoptimalkan keikutsertaan baik sifatnya internal maupun eksternal, agar Unhas PTN-BH tersebut memang layak untuk kita peroleh,” jelas Prof. JJ

Baca Juga :   PQN 2022, BI Sulsel Gelar Penukaran Uang Rupiah di Sejumlah Pasar

Setelah sambutan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan panen bersama ayam broiler pada unit closed house fakultas peternakan. Rektor Unhas didampingi pimpinan PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk (Cristian Tiono) dan Pimpinan Bank Indonesia Wilayah Makassar (Causa Iman Karana) bersama jajaran pimpinan lingkup Unhas melakukan panen bersama. (*)