Gelar Pesta Nasabah Mikro, PNM Bagikan 100 Ribu NIB untuk UMKM

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – PT Permodalan Nasional Madani (PNM),  melalui Divisi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), menyelenggarakan “Pesta Nasabah Mikro” berlokasi di Benteng Fort Rotterdam Makassar (26/11).

Pemimpin Cabang Makassar, Maimun Bakri mengatakan, kegiatan ini mengikutsertakan 150 nasabah UMKM. Bukan hanya yang berada di kepulauan  Sulawesi, tapi juga ada yang berasal dari Ambon, Papua, bahkan dari Jogja yang merupakan nasabah unggulan, berbagi cerita kesuksesannya ke yang lain.

“Nasabah cabang Makassar itu 430 UMKM, sebagian besar berada di Kota Makassar. Support pemerintah kota sudah luar bisa,” ujarnya.

Sementara, diungkapkan Ninis Kesuma Andriani, selaku Direktur Perencanaan Strategis PT PNM, pada saat opening Pesta Nasabah Mikro,  juga dilakukan penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) serentak, kepada sebanyak 100.000 nasabah ultra mikro di wilayah Sulawesi.

Hal tersebut ditandai dengan ceremony penandatanganan nota kesepahaman, yang dilakukan antara PT PNM bersama Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Sekarang membuka usaha itu ada semacam NIK nya, yakni NIB. Kami membantu nasabah pelaku usaha mikro  mendapatkan itu. Kami bukan sekedar memberikan NIB saja, tapi juga akan memberikan pelatihan,” ungkap Ninis.

Diakuinya, sampai Oktober PT PNM sudah memiliki jumlah nasabah 13 juta se-Indonesia.  jumlah kredit yang telah dilalurkan sampai sekarang sebesar  Rp  39 triliun, dan sampai akhir tahun akan disalurkan sekitar Rp 153 triliun kepasa nasabah mikro.

Apa yang telah dilakukan PT PNM mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Sri Sulsilawati. “Atas nama pemerintah kota Makassar, kami sangat memberikan apresiasi setinggi-tingginya, atas pelaksanaan Pesta Nasabah Mikro oleh PT PNM .

“Ini merupakan ruang bagi pelaku usaha mikro, untuk bisa mendapatkan kemudahan akses pembiyaan. Kita tahu bahwa PNM ini menyediakan akses pembiayaan kepada para pelaku usaha, dengan murah, mudah dan cepat,” ungkapnya.

Baca Juga :   Sambut Revolusi Industri, Alfamart Luncurkan Alfagift 4.0

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh webinar dengan tema “Social Media Memikat, Usaha Meningkat” dengan jumlah peserta 20.000 orang, yang terdiri dari nasabah binaan PNM secara nasional. Selain itu, juga ada performance music, fashion show dan lain-lain.

Nur Rachmat