Gubernur Andi Sudirman Dampingi Panglima TNI Buka 4th MNEX 2023

207
POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR РGubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono membuka kegiatan latihan bertaraf internasional 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Senin, 5 Juni 2023.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Walikota Makassar.

MNEK merupakan latihan non-perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.

POTO : ISTIMEWA

Latihan bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut ini, dengan tema ‚ÄúPartnership To Recover and To Rise Stronger”. Yang dimulai tanggal 5-8 Juni 2023. Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri Angkatan Laut dari 36 negara turut berpartisipasi.

Para peserta yang terlibat, akan mengikuti berbagai kegiatan diantaranya Ice Breaking, International Fleet Review (IFR), International Maritime Security Symposium (IMSS), City Tour, City Parade, Fun Bike, Admiral Lunch, Bilateral Meeting. Welcome Dinner, Maritime Exhibition, dan Gala Dinner.

Panglima TNI, menekankan, bahwa kerjasama sangat penting. “Untuk semua peserta, agar memanfaatkan kegiatan ini untuk membangun komunikasi yang baik dan kerjasama,” ungkapnya.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali menuturkan, bahwa latihan ini untuk meningkatkan kapasitas dan kerjasama internasional dan memperkuat hubungan dengan negara-negara sahabat.

“Latihan ini diharapkan menjadi forum bertukar pengetahuan dan pengalaman antara peserta,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik, pelaksanaan MNEK 2023 ini.

“Kita tentu mengapresiasi dan turut senang, Makassar di Provinsi Sulsel menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang ke-4 ini,” katanya.

Usai Opening Ceremony MNEK 2023, ditampilkan sejumlah atraksi dan demonstrasi TNI mulai dari pesawat tempur, helikopter, dan terjun payung, serta lainnya. (*)

Baca Juga :   Anniversary Pertama Gravity Sky Lounge Akan Dimeriahkan Artis Jazz Legendaris