Gubernur Resmikan Embung Agrowisata Pallae, Aliri Persawahan Warga Sekaligus Lokasi Wisata

270
POTO : ISTIMEWA

 

BONE, BISNISSULAWESI.COM – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan Embung Agrowisata Pallae di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Peresmian dilakukan setelah dua kali tahap pembangunan, 2020 dan 2022.

Embung Pallae dibangun dua kolam. Kolam I, seluas 3.598 m3 yang dipergunakan menampung air baku dan sawah. Kolam II, seluas 3.577 m3 yang diprgunakan sebagai kolam wisata. Volume tampung kolam mencapi 7.175 m3.

POTO : ISTIMEWA

Embung Agrowisata Pallae juga didukung sarana dan prasarana lain, seperti gazebo, musallah, kursi taman, dan toilet. Juga ada bangunan perkuatan tebing yang berfungsi menahan tebing dari longsor dan menambah estetika di sekitar kolam, saluran pembuang/pengantar dengan luas 27 meter berfungsi mengarahkan dan mengantarkan limpasan air kolam ke anak sungai, serta saluran pembawa/pengantar dengan luas penampang 1m2 dengan panjang 90m yang berfungsimengarahman mata air ke areal persawahan.

“Kami berharap, Embung Agrowisata Pallae, bisa membantu petani dengan peningkatan produksi pertanian, sekaligus menjadi kunjungan Agrowisata bagi masyarakat,” tutur Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. (*)

Baca Juga :   Makassar Boyong 5 Penghargaan Top BUMD 2024