Gubernur Sulsel Gunakan Layanan Home Charging, Kendaraan Listrik Semakin Diminati

PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat telah menyiapkan 4 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah kerjanya. POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR  –  PT PLN (Persero) terus mendukung akselerasi ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Selain dengan penyediaan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), PLN melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Utara juga mendukung layanan home charging di kota Makassar. Terbukti layanan tersebut dapat menarik minat masyarakat untuk berpindah menggunakan kendaraan listrik.

 

Di Kota Makassar sendiri, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman telah menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan operasionalnya. Ia juga menggunakan layanan home charging guna memudahkan pengisian daya.

 

Pada saat peresmian SPKLU Mattoanging, Andi Sudirman Sulaiman turut mengapresiasi komitmen PLN dalam mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

 

“SPKLU dan home charging menjadi tanda komitmen PLN mendukung pemerintah dalam mengakselerasi era KBLBB,” tandas Sudirman.

 

Seorang pengguna mobil listrik di Kota Makassar, H. Syarifuddin menuturkan biaya operasional dan pemeliharaan mobil listrik cukup terjangkau dan tidak menghasilkan emisi buang.

“Hadirnya home charging, saya tidak perlu lagi mengantre di SPBU untuk mengisi BBM. Cara chargingnya praktis dan banyak kemudahan dan promo dari PLN,” ungkapnya.

 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar), Awaluddin Hafid, menjelaskan merujuk Permen ESDM 13/2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk KBLBB pada prinsipnya PLN siap untuk mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik.

 

Selain membantu instalasi perangkat home charging, PLN juga memberikan insentif seperti diskon tarif listrik 30 persen kepada pemilik kendaraan listrik yang melakukan pengisian daya baterai mobil listrik melalui fasilitas home charging pukul 22.00 hingga 05.00 WIB.

Baca Juga :   Transaksi Saham Terkoreksi hingga 70 Persen 

 

Saat ini, PLN menghadirkan promo harga spesial biaya pasang baru untuk pemilik kendaraan listrik baru selama Maret 2022 sampai dengan 31 Desember 2023 melalui Promo Super EVeryday. Pelanggan yang memiliki kendaraan listrik dan home charging akan mendapat harga spesial Rp 850 ribu untuk biaya penyambungan baru daya 7.700 VA (1 fasa), atau untuk penyambungan daya 13.200 VA (3 fasa) hanya membayar Rp 3,5 juta.

 

“Kami siap mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Dimanapun SPKLU-nya listriknya pakai PLN dan kami siap baik secara jumlah pasokan maupun bisnisnya,” terang Awaluddin.

 

Lokasi-lokasi tersebut bisa di cek pada Aplikasi PLN Mobile melalui fitur Electric Vehicle , sehingga para pengguna EV yang ingin melakukan perjalanan jauh dapat membuat rencana perjalanan yang terbaik bagi mereka.

 

Bali Putra