Ini, Sejumlah Protokol Kesehatan New Normal yang Diterapkan Gammara Hotel Makassar

101

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR –  Pandemi Covid 19 tidak dapat dipungkiri telah mengubah cara hidup dan perilaku manusia di dunia. Setelah beberapa lama pandemi ini kita rasakan, pemerintah kita akhirnya menerapkan tatanan kehidupan  baru atau New Normal. Berbagai sektor dibuka secara bertahap termasuk hotel dan restoran. Berbagai aturan baru pastinya diterapkan pelaku usaha untuk mengantisipasi penyebaran virus di era New Normal ini.

Untuk itu, Gammara Hotel sendiri telah menerapkan protokol antisipasi penyebaran virus corona sejak awal. Dengan adanya New Normal ini maka penerapan protokol kesehatan akan semakin digalakkan. Prosedur-prosedur ini  berlaku baik untuk para tamu ataupun karyawan hotel.

Beberapa hal diterapkan Gammara Hotel sebagai protokol New Normal seperti, memperhatikan informasi terkini serta  imbauan dan instruksi pemerintah terkait Covid 19,memastikan seluruh karyawan memahami tentang pencegahan penularan Covid 19, memasang media informasi di lokasi strategis, menyediakan hand sanitizer di setiap titik, menjaga kualitas udara dengan mengoptimalkan sirkulasi udara, melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala.

“sementara di pintu masuk atau lobi, kami melakukan pengecekan suhu tubuh, menanyakan riwayat perjalanan tamu, menerapkan jaga jarak di pintu masuk, menyediakan sarana untuk meminimalisasikan kontak dengan pengunjung, semua tamu wajib menggunakan masker dan mengarahkan tamu untuk  menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan,” ujar Marketing Communication Gammara Hotel, Eva.

Untuk di kamar lanjut Eva, pihak hotel melakukan pembersihan dan disinfeksi di kamar sesudah dan sebelum digunakan, memastikan proses pembersihan dan disinfeksi kamar dan kamar mandi serta peralatan yang digunakan oleh tamu, memastikan mengganti sarung bantal, sprei hingga selimut dengan yang telah dicuci bersih.

“Untuk di ruang pertemuan, kapasitas untuk ballroom, meeting room selalu memperhitungkan untuk jaga jarak minimal 1 meter antar tamu. Memberikan informasi mengenai protokol kesehatan kepada para tamu, memastikan proses pembersihan dan disinfeksi ruang pertemuan sebelum dan sesudah digunakan, membersihkan dan mendisinfeksi microphone setiap setelah digunakan masing-masing orang, mengimbau kepada MC untuk selalu aktif menginformasikan protokol protokol kesehatan,” tambahnya.

Baca Juga :   Siapkan Usaha Lokal Merambah Pasar Global dengan Teknologi Digital

Sementara bagi karyawan, memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum bekerja, saat perjalanan dan selama bekerja wajib menggunakan masker, menggunakan alat pelindung diri tambahan seperti sarung tangan, berpartisipasi aktif mengingatkan tamu untuk menggunakan masker dan menjaga jarak, saat tiba di rumah segera mandi dan berganti pakaian, meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi gizi seimbang.

“Area publik juga pasti tidak luput dari proses sterilisasi. Lobi, resepsion, resto, gym, toilet disterilisasi dengan jadwal rutin setiap hari. Termasuk juga untuk setiap gagang pintu atau tombol-tombol yang digunakan untuk umum, diperhatikan khusus untuk proses sterilisasinya.  Termasuk  juga  area cottage pastinya. Khusus di dalam lift juga telah dipasang tanda titik pijakan agar social distancing tetap terjaga,” pungkasnya.