Jalin Kerjasama Pemprov Sulbar, PLN Komit 100% Desa di Sulbar Teraliri Listrik di 2024

397
Medan yang sulit, tidak menyurutkan semangat petugas PLN untuk melistriki desa. POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (UID Sulselraba) berkomitmen di tahun 2024 seluruh desa di Sulawesi Barat (Sulbar) teraliri listrik. Hal itu disampaikan saat bertemu PJ Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Zudan Arif Fakhrulloh di Rumah Jabatan Gubernur, Sabtu (09/09/2023).

Dari pertemuan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar berkomitmen akan membantu PLN UID Sulselrabar dalam melistriki seluruh desa di Sulawesi Barat, agar masyarakat desa bisa menikmati listrik yang menyala terang di rumah-rumah mereka. PJ Gubernur Sulawesi Barat yang ditemui saat itu menyampaikan bahwa pihaknya berjanji akan mendukung seluruh aktivitas yang dilakukan PLN, termasuk berkoordinasi dengan Menteri Kehutanan.

Foto bersama Munawir Liling, Manajer PLN UP2K Sulsel, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, PJ Gubernur Sulbar, Manihar Hutahulu, Manajer PLN UP3 Mamuju, bersama para stakeholder pada saat pertemuan di Rumah Jabatan Gubernur sabtu lalu (09/09/2023). POTO : ISTIMEWA

“Kami akan membantu berkoordinasi dengan Menteri Kehutanan agar PLN dapat memperoleh akses di wilayah yang memerlukan perizinan. Kita ingin di tahun 2024 seluruh desa dapat terlistriki secara total, jadi total 100% seluruh desa mendapatkan listrik PLN,” ujar Zudan.

Manihar Hutajulu, Manager PLN UP3 Mamuju mengatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk membangun kolaborasi antara PLN dengan Pemprov Sulbar dalam berbagai hal terkait dengan kelistrikan, termasuk kendala terkait akses di wilayah hutan lindung, serta lahan.

“Ini juga menjadi tantangan terkait bagaimana kami mendapatkan perizinan, terutama di akses kehutanan, apalagi banyak kawasan Sulbar masih dalam status hutan lindung. Ada 24 desa yang rencana akan diselesaikan dan termasuk dalam rencana kerja di tahun 2024” ujar Manihar.

Moch. Andy Adchaminoerdin, General Manager PLN UID Sulselrabar mengatakan bahwa komitmen PLN untuk mengalirkan listrik ke seluruh desa di Sulbar, sejalan dengan usaha untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi. Pencapaian Rasio Elektrifikasi PLN di Propinsi Sulawesi Barat sampai dengan Juli 2023 adalah 89,77%, sedangkan Rasio Desa Berlistrik PLN di Sulbar adalah sebesar 96,45%.

Baca Juga :   Sambut Hari Kemerdekaan ke-78 RI,  PLN Siagakan 2.550 Personel

“Komitmen PLN untuk bisa melistriki seluruh desa di Sulawesi Barat, sejalan dengan usaha kami untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi. Diharapkan dengan masuknya listrik ke seluruh desa bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sana. Pencapaian Rasio Elektrifikasi PLN di Propinsi Sulawesi Barat sampai dengan Juli 2023 adalah 89,77%, sedangkan Rasio Desa Berlistrik PLN di Sulbar adalah sebesar 96,45%,” kata Andy. (*)