Jelang Musda, Pemuda Hindu Sulsel Gelar Aksi Peduli Lingkungan

155
Pemuda Hindu Sulsel yang tergabung dalam DPP Peradah Indonesia Sulsel saat melakukan aksi peduli lingkungan dengan menanam pohon mangrove di pesisir Untia Makassar, Minggu (05/05/2024) pagi. POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Pemuda Hindu yang tergabung dalam organisasi kepemudaan Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan penanaman pohon Mangrove di Kampung Nelayan Pesisir Untia Makassar, Minggu (05/05/2024).

Aksi sosial peduli lingkungan ini digelar sebagai rangkaian pelaksanaan musyawarah daerah atau Lokasabha XII DPP Peradah Indonesia Sulsel yang puncaknya akan dilaksanakan, 18-19 Mei 2024.

Ketua DPP Peradah Indonesia Sulsel, Putu Nopa Gunawan mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian lingkungan pesisir dari ancaman abrasi dan sebagai upaya mengantisipasi perubahan iklim di masa mendatang, khususnya pemanasan global.

POTO : ISTIMEWA

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemuda Hindu Sulsel terhadap lingkungan dan juga menumbuhkan nilai kepemimpinan Green Leadership untuk menjadi pemimpin yang peduli terhadap kelestarian alam,” ujar Nopa.

Nopa juga berharap kegiatan ini akan membawa dampak positif untuk alam khususnya lingkungan pesisir seperti menjadi tempat edukasi dan ekowisata yang lebih baik serta mencegah terjadinya abrasi.

“Kami berharap tempat ini menjadi tempat edukasi dan ekowisata alam bagi masyarakat Kota Makassar. Yang lebih penting, mangrove ini akan membawa dampak pada lingkungan seperti mencegah abrasi, menjaga kualitas air, menghasilkan oksigen dan menjadi tempat hidup berbagai habitat makhluk hidup,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokasabha XII DPP Peradah Sulsel, Gede Jarika menyebutkan, ada sebanyak 700 pohon mangrove yang ditanam pada kegiatan ini.

POTO : ISTIMEWApemudaan 

“Ada 700 pohon yang kami tanam yang merupakan dukungan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Jeneberang-Saddang Kementerian LHK. Penanaman juga didukung teman-teman Mahasiswa Hindu KMHDI, masyarakat Untia dan teman-teman pencinta alam,” ujarnya.

Jarika juga menjalaskan, kegiatan penanaman pohon ini menjadi rangkaian awal dari pelaksanaan Musda atau Lokasabha XII DPP Peradah Indonesia Sulsel. Karena selain penanaman pohon mangrove, ada berbagai kegiatan lain yang juga akan digelar panitia.

Baca Juga :   Hadiri Simakrama Pujawali di Makassar, Ketua Umum PHDI Ingatkan Gotong Royong dan Demokrasi

“Minggu depan (Minggu, 12 Mei 2024, red), kami akan mengadakan kegiatan sosial Donor Darah. Kemudian di tanggal 18 Mei 2024, kami akan gelar Seminar Kepemimpinan dengan narasumber yang ahli pada bidangnya masing-masing, dan puncaknya dilaksanakan kegiatan sidang Lokasabha XII,” pungkas Jarika.

Editor : Bali Putra