Jelang Pemilu 2024, Pj Gubernur Bahtiar Kumpulkan Forkopimda, Forkopimcam, KPU dan Bawaslu se-Sulsel

227
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), KPU dan Bawaslu se Sulsel, di Hotel Claro Makassar, Rabu (11/10/2023).

Pj Gubernur Sulsel menyampaikan, pentingnya memperhatikan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Mulai cuaca saat pencoblosan, 14 Februari 2024, distribusi logistik, gudang, pembersihan alat peraga kampanye, kemudian kesiapan Linmas, Satpol PP dan seluruh tim terkait.

“Tahun 2019 banyak yang kelelahan. Harus melakukan siaga satu terhadap seluruh dinas kesehatan dan relawan kesehatan, tempatnya harus ada terdekat dari TPS,” jelas Bahtiar.

Menurut dia, seluruh Forkopimda, Forkopimcam, penyelenggara Pemilu dan seluruh pihak udah memahami bagaimana menjalankan tugas dan tanggung jawab pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

POTO : ISTIMEWA

Tugas kepala daerah adalah memfasilitasi seluruh lembaga negara, seperti KPU, Bawaslu, unsur vertikal dan seluruh lembaga lainnya yang berkaitan dengan Pemilu untuk menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024.

“Saya pikir ini bukan hal baru, bapak ibu semua sudah lakukan, namun tugas saya sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan memastikan tahapan Pemilu di Sulsel berjalan aman, damai dan tentram. Selain itu, minta tolong Bupati/Wali Kota gelar kegiatan (tingkat kabupaten/kota), bagaimana netralitas ASN dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak,” harap Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri itu.

Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Andi Ina Kartini Sari, menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulsel atas kegiatan yang luar biasa, bisa mengumpulkan seluruh stakeholder terkait Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

“Kami mendukung dari segi pembahasan anggaran Pemilu dan Pilkada serentak. Alhamdulillah kita yang pertama melakukan tanda tangan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) dengan KPU dan Bawaslu Sulsel,” ungkap Andi Ina.

Baca Juga :   Wali Kota Danny Pomanto Hadiri Pembukaan Sabha XI Banjar Hindu Dharma

Sebagai bukti keseriusan DPRD dan Pemerintah Provinsi Sulsel untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak 2024, langsung dilakukan rapat paripurna terkait Ranperda APBD Pokok 2024. (*)