Kantor Baru, Apindo Bangun Semangat Kolaborasi

463

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel, kini miliki gedung baru. Berlokasi di Jalan Cendrawasih no. 128 (depan ex stadion Mattoanging) Makassar, Kamis (20/7/2023).

Gedung baru APINDO Sulsel berlantai 4 ini, diresmikan langsung Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) APINDO Shinta W. Kamdani, bersama Gubernur Sulsel yang diwakili Pj Sekda Ir Andi Darmawan Bintang, Pangdam XI HASANUDDIN Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso.

Juga dihadiri Wali Kota Makassar Moh Ramadhan Pomanto, Ketua DPRD SULSEL Andi Ina Kartika Sari, pimpinan perusahaan baik BUMN maupun swasta.

Dalam peresmian gedung baru ini, juga dirangkaikan dengan kegiatan Rapat Kerja dan Konsultasi Provinsi (Rakerkonprof) yang dihadiri seluruh Dewan Pimpinan Kota/Kabupaten (DPK) dari 22 Kabupaten/Kota yang ada di Sulsel.

Pj Sekda Prov Sulael, Andi Darmawan Bintang mengapresiasi hadirnya gedung baru Apindo Sulsel. Dengan demikian tentunya akan lebih leluasa melahirkan ide dan program kerja.

“Sebagai asosiasi profesi, Apindo harus menjadi organisasi yang mandiri, Ini momentum untuk menyusun program yang jelas, untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya terkait dengan lapangan pekerjaan. Program ini juga nantinya bisa memberi manfaat, tidak hanya untuk APINDO, tapi juga kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Andi Darmawan Bintang berharap, dengan semangat kebersamaan dan sinergitas antara APINDO, perbankan dan BUMN, bisa semakin berkompeten dan profesional, bersinergi dengan pemprov Sulsel serta pihak-pihak terkait, untuk dapat memajukan peran serta organisasi, khususnya terkait proses pembukaan lapangan kerja.

Ketua Umum DPN Apindo, Shinta W Kamdani mengatakan, Makassar merupakan kota pertama yang dikunjungi sejak terpilih Juni lalu.

Ungkapnya, tugas utama APINDO adalah untuk mewujudkan mandat organisasi, memastikan kontribusi bagi penciptaan kebijakan, yang mendukung daya saing usaha.

Baca Juga :   Jaminan Perlindungan Investor dari OJK & Indonesia SIPF

” Seperti pepatah menyebutkan, ada banyak jalan menuju Roma. Sehingga tentunya akan ada beragam cara dan mekanisme dalam mencapat tujuan, ” sebut perempuan pertama yang menjadi Ketua Umum Apindo.

Menurutnya, APINDO beserta jajarannya tidak bisa bekerja sendirian. Pihaknya selalu percaya, kolaborasi dan sinergi adalah kunci. APINDO akan bisa mencapai visi dan misi organisasi dengan bekerjasama.

Bersama stakeholders terkait, baik pemerintah, akademisi, institusi pendidikan, lembaga keuangan maupun organisasi lainnya, yang bisa saling mendukung sebagai ekosistem, untuk mewujudkan iklim investasi yang lebih baik di Sulsel.

“Kami sebagai wadah organisasi pengusaha yang sudah ada sejak 71 tahun lalu, telah memiliki pondasi kokoh, yang kami yakini bisa memberi sumbangsih bagi iklim usaha tanah air, lewat program kerja unggulan, yang mencakup isu-isu krusial tanah air, ” jelasnya.

Ditambahkan Shinta, Rakerkon prov ini merupakan saat yang baik, untuk merencanakan optimalisasi sumber daya organisasi, sekaligus merealisasikan rencana kerjasama dengan pemerintah dan stakeholder lainnya, seperti KADIN, lembaga perbankan, perguruan tinggi, serta tak lupa Media Massa. Semua adalah pemangku kepentingan, yang menjadi mata rantai, untuk mendukung sosialisasi pemikiran dan kontribusi APINDO, untuk menjangkau stakeholder lebih luas.

Sementara, Ketua DPP Sulsel, Suhardi, mengharapkan gedung baru Apindo Sulsel, bisa menambah semangat para pengurus yang berjumlah 180 orang, yang bergerak pada multi sektor, dalam mengembangkan organisasi pengusaha di masa depan.

“Gedung yang termasuk dalam kategori termegah dan terlengkap di bidang organisasi ini, menjadi cikal bakal pengembangan pendidikan soft skill dan hardskill, pengembangan diri dan karakter yang berjiwa entrepreneurship, demi terciptanya lapangan kerja yang lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Semua unit bisnis dalam gedung baru ini, dikelola Apindo Sulsel, demi perkembangan organisasi. Kedepannya diharapkan, menjadi salah satu mesin pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan yang sedang bangkit, untuk menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga :   Hari ini IHSG Berpotensi Rebound dengan Support 6928 dan Resisten di 7000

Suhardi berharap, terjalin sinergi yang harmonis antara pengusaha, pekerja dan pemerintah, demi terwujudnya pengusaha yang kuat, masyarakat sejahtera berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nur Rachmat