Kembali Gelar Sosper, Mario David Ingatkan Kewajiban CSR Perusahaan

83
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Anggota DPRD Makassar, Mario David, Pn, S.Sos., M.M, menggelar pengawasan dan evaluasi sekaligus sosialisasi Perda 2/2016 tentang tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan (TSLP) atau lebih terkenal dengan Coorporate Sosial Responsibility (CSR). Berlangsung di Hotel Max One, Senin (13/11/2023), diikuti ratusan orang dari berbagai elemen baik pemuda, juga tokoh agama.

Hadir juga perwakilan Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, praktisi dewan CSR, yang memberikan apresiasi atas komitmen Mario David dalam mengawal dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan CSR agar tepat sasaran.

Wakil rakyat dari Fraksi Partai NasDem, mengatakan, hadirnya Perda CSR, dapat menjadi warning bagi perusahaan untuk bisa memberikan kontribusi dari keuntungan yang diperoleh kepada masyarakat di Makassar.

 

“Terkhusus bisa digerakan kepada dunia keagamaan seperti membangun rumah rumah ibadah, posyandu dan lain-lain,” katanya.

 

 

Wakil rakyat yang kini Caleg DPR RI Dapil Sulsel 1, mengakui persoalan CSR bukan hal baru baginya, karena ialah salah satu inisiator murni terbentuknya Perda CSR yang saat itu sebagai pimpinan pansus.

Sehingga Mario menginginkan setiap perusahaan yang beroperasi di Makassar harus bertanggungjawab terhadap lingkungan dan sosial yang ada di Makassar. Di mana dalam perda disebutkan, setiap perusahaan wajib memberikan 2-4 persen dari keuntungan.

“Kalau perusahaan itu belum untung belum wajib, tapi kalau sudah profit wajib dari penghasilan pertahunnya,” tambahnya.

Mario menegaskan apabila perusahaan mengabaikan Perda ini, ada sanksi tegas yang akan diberikan. Diawali surat peringatan dan apabila sampai ketiga kali itu sekaligus pencabutan izin usaha di Kota Makassar.

Olehnya Mario mengingatkan bagi perusahaan memiliki tanggungjawab atas lingkungannya, baik itu pembangunan posyandu, sekolah, sarana umum dan sosial lainnya termasuk panti asuhan perlu dibantu.

Baca Juga :   Majalah Pinisi UNM Raih Penghargaan SPS Kategori Tertinggi

Pada acara ini ratusan masyarakat yang hadir sangat antusias. Mario berharap peserta yang menjadi target dapat melanjutkan sosialisasi dan informasi yang mengedukasi perusahaan di sekitar wilayah mereka. (*)

 

Artikel sudah di muat harian.news Senin (3/1/2023)