Kemenkeu Mengajar 7, Bukti Cinta ASN Kementerian Keuangan di Palopo

BISNISSULAWESI.COM, PALOPO – Cinta bukan tentang sebanyak apa kita berkata “Betapa kita mencintai tapi bagaimana kita membuktikannya.”

Sebagai bukti cinta generasi milenial di lingkungan Kementerian Keuangan kepada negeri, sebanyak 19 orang relawan dari Kementerian Keuangan, berpartisipasi secara aktif dalam Kemenkeu Mengajar 7 di Wilayah Palopo. Ini digelar di SMAN 1 Palopo dan SMPN 4 Palopo.

Relawan Kementerian Keuangan yakni ASN Kementerian Keuangan yang berasal dari pegawai Kantor Bea Cukai Malili, Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Palopo, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palopo, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palopo, KPP Makassar Utara dan KPP Makassar Selatan.


Kemenkeu Mengajar merupakan suatu kegiatan, mengenalkan Kementerian Keuangan secara umum kepada sekolah-sekolah terpilih. Relawan akan mengajarkan peran Kementerian Keuangan, dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan profesi yang ada di lingkungan Kementerian Keuangan.

 

Kemenkeu Mengajar 7 (KM7) Palopo semakin istimewa, dengan kehadiran Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Selatan, Nugroho Wahyu Widodo; beserta Kepala Kantor Bea Cukai Malili, Firman Bunyamin; Kepala KPP Palopo, Khris Rolanto, Kepala KPKNL Palopo, Yakub dan KPPN Palopo, Ikhwan Mahmud.

Pada KM7 di SMAN 1 Palopo, kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Selatan, Nugroho Wahyu Widodo. Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Palopo, Muhammad Arsyad, bersama Kepala KPPN Ikhwan Mahmud.

Acara dibuka dengan penampilan
tarian persembahan siswi-siswi SMAN 1 Palopo dan dilanjutkan dengan kegiatan mengajar di dalam ruangan kelas selama 90 menit oleh Tim Relawan KM7. Acara pun ditutup dengan penampilan kelompok musik siswa/i SMAN 1 Palopo.

Selama kegiatan mengajar, Tim Relawan KM7 memberikan materi terkait Kementerian Keuangan, serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kepada para peserta. Dalam kegiatan mengajar, peserta juga diajak bermain beberapa games, dan tanya jawab terkait materi yang dibawakan.

Baca Juga :   Amankan Aset Negara, PLN Terima 118 Sertifikat dari BPN Sulawesi Selatan

Kegiatan KM7 ini mengusung semangat kesukarelaan. Panitia tidak memungut biaya pada sekolah dan pegawai, dalam bentuk apapun. Relawan meyakini, masa depan Indonesia yang lebih baik, merupakan imbalan yang pantas atas upaya Kemenkeu Mengajar, untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Program Kemenkeu Mengajar telah diadakan setiap tahun, dan ini memasuki tahun ke-7. Diharapkan setelah mengikuti Kemenkeu Mengajar, para relawan dapat lebih tergugah untuk berpartisipasi lebih lanjut, berkesinambungan dan rutin, sehingga terjalin hubungan yang baik antara relawan dan sekolah.

Nur Rachmat