Kemenkominfo Tunjuk Makassar jadi Tuan Rumah “KIM Fest” 2024

79
Dirjen IKP Kemenkominfo, Usman Kansong saat menemui Wali Kota Danny Pomanto terkait penunjukkan Kota Makassar sebagai tuan rumah “KIM Fest” 2024, Jumat (31/05/2024). POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menunjuk Makassar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM Fest) 2024.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo, Usman Kansong secara langsung menemui Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto untuk menyampaikan hal tersebut.

KIM Fest ini event tahunan kami. Tahun lalu di Surabaya dan tahun ini kami ingin di Kota Makassar, tentunya dengan dukungan pak wali kota,” kata Usman Kansong saat bertemu Danny Pomanto, Jumat (31/05/2024).

KIM Fest, berupa pameran yang akan diikuti KIM seluruh provinsi di Indonesia. Ini juga merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada KIM sebagai mitra strategis pemerintah dalam melakukan komunikasi publik.

POTO : ISTIMEWA

“Kami punya sarana informasi masyarakat  di semua provinsi. Biasanya, mereka didorong Kominfo di daerah menyampaikan seluruh informasi kepada masyarakat, baik itu tentang UMKM, pariwisata, perikanan, pertanian. Jadi segala hal,” tuturnya seraya menyebutkan, mereka nantinya akan memamerkan dan mendemonstrasikan untuk kemudian dinilai.

Menurutnya, kegiatan seperti ini penting untuk menjaga silaturahmi di era digital sekarang ini. Sebab akan lebih akrab dan lebih dekat. Apalagi diakuinya tidak sedikit masyarakat yang masih kesulitan menggunakan teknologi, baik itu  karena terkendala jaringan ataupun yang lainnya.

“Pemerintah merasa penting untuk membentuk KIM,” ungkapnya.

Selain bentuk apresiasi dan memperkenalkan KIM ke seluruh masyarakat, KIM Fest ini juga bertujuan menumbuhkan semangat berinovasi, kompetisi, kolaborasi, dan berjejaring antar KIM se-Indonesia.

Sementara itu, Wali Kota Danny Pomanto yang didampingi Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ismawaty Nur dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Makassar, Muhammad Rheza menyambut baik kegiatan ini.

Baca Juga :   Lantik 4 Pj Ketua TP PKK, Sofha Marwah Minta Perhatikan Layanan Kesehatan hingga Ketahanan Ekonomi

Katanya, suatu kesyukuran bagi Kota Makassar menjadi tuan rumah kegiatan  yang digelar Kementerian Kominfo. Ini merupakan peluang bagi Makassar untuk dikenal lebih luas.

“Kami (Makassar, red) siap dan tentunya senang sekali bisa menjadi tuan rumah,” ucap Danny Pomanto.

Ia kemudian memperkenalkan program Lorong Wisata yang diperkuat dengan Dewan Lorong (Delor). Delor terdiri dari tokoh masyarakat, perempuan dan kalangan milenial yang merupakan kelompok-kelompok diskusi mitra Pemkot Makassar dalam melakukan komunikasi publik,” tutupnya.

Editor : Bali Putra