Klinik Cahaya Saga Gelar Seminar Pentingnya Mengontrol Kesehatan Mental

481
POTO : RISMAYANTI

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Klinik Cahaya Saga menggelar seminar tentang pentingnya mengontrol kesehatan mental, Selasa (24/10/2023). Menghadirkan dua pamateri, Psikologi Klinis Nur Andini Sudirman S.Psi .M Psi dan Ahli Fisioterapi Andira prabawati S. FT. FTR CBC.

Seminar kesehatan merupakan agenda rutin cahaya saga yang digelar setiap bulan sekali. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat memberi pemahaman kepada masyarakat, bagaimana dapat menjaga emosi. Sehingga, ketika bekerja misalnya, emosi bisa stabil dan dapat mengeluarkan ide kreatif tanpa kecemasan.

Psikologi Klinis Nur Andini sudirman S Psi. M.Psi menyebutkan, cara mengontrol kesahatan mental yaitu dengan mengontrol pikiran terlebih dahulu.

“Sebab semua berasal dari pikiran. Jika pikiran tidak terkontrol, seperti selalu berpikiran negative, tentu dampaknya ke perasaan. Kemudian marah, cemas, ketakutan dan tertekan,” katanya.

Nur Andini kemudian memberi solusi dengan cara selalu menjaga pikiran agar positif dan rasional. Hidup produktif, upayakan selalu merasa bahagia dan bergaul atau bersosialisasi.

POTO : RISMAYANTI

Hal senada disampaikan Fisioterapi Klinis Andira prabawati.  Untuk menurunkan aktivitas fisik bagi pekerja, bisa dengan melakukan streaching disela-sela bekerja.

Ia menjelaskan tiga point penting, menghindari cedera otot di leher, punggung hingga tulang belakang saat bekerja dalam waktu lama. Ini kata Andira selalun dianggap sepele, padahal efeknya tidak baik.

“Melalui seminar ini, tentunya harapan kami masyarakat lebih teredukasi, sehingga dapat meningkatkan produktifitas dalam bekerja,” katanya.

Sementara itu, seminar diikuti 30 peserta yang merupakan masyarakat umum, termasuk kelompok lanjut usia, mahasiswa dan korporasi. Pihak Cahaya Saga memang sengaja membatasi jumlah peserta, karena pihaknya memberikan voucher dan free konsultasi psikologi dan konsultasi fisioterapi.

Rismayanti

Baca Juga :   Makassar Launching Bus Wisata