Laksanakan Pengabdian Masyarakat, Dosen Unibos Bantu Kelompok Tani Kecamatan Suppa, Pinrang

186
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Dosen Universitas Bosowa (Unibos) Makassar Dr. Firman Menne, S.E., M.Si., Ak, CA., dan Dr. Ir. Emi Indrawati, M.Si. melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Suppa, Pinrang.

Mereka berkolaborasi dengan Ketua Pemberdayaan Wilayah (PW) Dr. Muhlis Ruslan, S.E., M.Si. dan  Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) Dr. Ir. Hamsiah, M.Si.

Pengabdian masyarakat kali ini bertajuk “Usaha Budi Daya Rumput Laut dalam Meningkatkan Produktivitas dan Pendapatan Berkelanjutan Kelompok Tani di Kecamatan Suppa, Pinrang,”. Mereka menyalurkan bantuan berupa tali dan pelampung kepada Kelompok Tani Cottoni Desa Tasiwalie dan At-Tauhid, Desa Maritengngae.

Ketua PW, Dr. Muhlis Ruslan, S.E., M.Si. menjelaskan, pihaknya mendapatkan keperayaan dari Kemendikbudristek, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi untuk melaksanakan program ini dalam setahun di Kecamatan Suppa.

“Sebelumnya, melalui FGD dan sosialisasi, maka tahun ini kami dapat melaksanakan pengadaan kebun rumput laut sebagai solusi permasalahan kelangkaan bibit rumput laut,” jelasnya.

Dikatakan, program ini akan mendatangkan sejumlah manfaat diantaranya peningkatan pemahaman dalam penerapan metode long line bagi petani rumput laut dan pemahaman metode pembukuan sederhana berbasis akuntansi, juga kiat-kiat berwirausaha.

“Selanjutnya, jika tahun ini sukses, maka di 2024 difokuskan pada budidaya. Mulai proses tanam sampai penanganan pascapanen. Sehingga rumput laut hasilnya berkualitas untuk dipasarkan,” ujarnya.

Sementara itu, Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Perikanan dan Kelautan Enrekang, Syahruniwati, S.Pi., M.Si. sangat mengapresiasi bantuan Kemendikbudristek, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, melalui Dosen Universitas Bosowa dan Dosen Universitas Muslim Indonesia.

“Semoga bantuan dan pembinaan ini dapat dipergunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kelompok tani. Harapan kami kegiatan berkelanjutan, sehingga petani rumput laut dapat hidup sejahtera dan mandiri,” harapnya.

Baca Juga :   Pemprov Sulsel Serahkan SK Pengangkatan Firman Hamid Pagarra Sebagai Pj Sekda Kota Makassar

*/Editor : Bali Putra