Lawatan ke Sydney. Komisi C DPRD Kota Makassar Minta Dukungan Tambahan AASCTF

329
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Sejak 2022, Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintah Australia (DFAT) melalui Proyek ASEAN Australia Smart Cities Trust Fund (AASCTF) AASCTF berkerja sama Makassar Livable City Plan (MLCP). Kerjasama mencakup perangkat alat digital dan analisis ahli untuk membantu mencapai visi smart city of Makassar.

Per 25 Agustus 2023, AASCTF mengundang delegasi dari Pemerintah Kota Makassar untuk mengunjungi Sydney, Australia untuk berpartisipasi dalam lokakarya dengan para ahli Australia tentang “satu peta satu data”. Memenuhi undangan tersebut, anggota DPRD Kota Makassar dari Komisi C beranjak ke Sydney, Australia pada 18 September 2023

Lokakarya ini mengkomunikasikan pembelajaran dari smart city dan inisiatif data spasial oleh lembaga pemerintah dan universitas Australia untuk kepentingan Makassar. Selama lokakarya,anggota Komisi C DPRD Kota Makassar mengusulkan untuk membahas potensi kegiatan dukungan tambahan oleh AASCTF di Makassar.

Dengan dukungan DFAT dan ADB, para wakil rakyat berharap dapat melanjutkan dukungan kuat untuk Makassar melalui AASCTF di fase selanjutnya. Mengingat, Makassar saat ini sedang dalam proses pengembangan database spasial terintegrasi dan rencana spasial, dengan dukungan pengambilan data sistem udara tak berawak kecil (sUAS). Pengembangan database spasial terintegrasi adalah rekomendasi utama dari MLCP dan selaras dengan tujuan AASCTF. (*)

Baca Juga :   Tingkatkan Downloader PLN Mobile, PLN UP3 Makassar Selatan Gelar Kompetisi Futsal antarinstansi di Makassar