Lestarikan Budaya Bali, Ini yang Dilakukan Peradah Desa Sukamaju

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Persatuan Pemuda Hindu (Peradah) Desa Sukamaju, STT. Yowana Anyar kerap melakukan kegiatan yang bertujuan melestarikan seni dan budaya Bali.

Salah satunya yaitu mengikuti festival Baleganjur, yang diadakan Peradah Kecamatan. Kegiatan ini dilaksanakan di pelataran Pura Jagat Menara Giri Desa Sukamaju,   Minggu 11 Maret 2018.

Baleganjur merupakan salah satu jenis aliran gamelan di bali.  Bala berarti pasukan atau barisan, sedangkan Ganjur berarti berjalan. Jadi Balaganjur yang kemudian menjadi Baleganjur yaitu suatu pasukan atau barisan yang sedang berjalan. Kini pengertiannya lebih berhubungan dengan sebuah barungan gamelan.

Ketua Peradah STT. Yowana Anyar Desa Sukamaju,  Dewa Made Surya mengatakan, kegiatan  seperti ini sering dilakukan agar bisa membentuk karakter pemuda Hindu sejak dini, dan ingin melestarikan seni dan budaya bali.

“Kami selalu mengikuti kegiatan-kegiatan seni yang di lakukan oleh peradah kecamatan atau desa,  dengan tujuan membentuk karakter pemuda Hindu yang ada di desa kami.  Apalagi di era milenial saat ini, banyak pemuda kita yang hanya bersenang-senang dengan hiburan malam,  lebih baik mereka mengikuti kegiatan yang memberikan pembelajaran buat diri, ” tutur Dewa

Tak hanya itu,  Peradah STT.  Yowana Anyar Desa Sukamaju juga melakukan latihan rutin meliputi,  menari,  menggambel, belajar bersama membuat sesajen upakara dan masih banyak lain.  / Komang Ayu

Baca Juga :   Hari Pelanggan Manajemen Telkomsel Berikan Hadiah Menarik