Masamba Affair Festival, Upaya Pemda Membuat Luwu Utara Makin Memesona

162

BISNISSULAWESI.COM, LUWU UTARA -Event Pesona Luwu Utara kembali dihelat  10 – 15 Mei 2023, dengan tajuk Masamba Affair Festival (MAF) 2023

Event Pesona Luwu Utara sudah menjadi kalender tetap Pemda Luwu Utara yang berlangsung sejak 2021. Pada 2021, Worderfull Rongkong sukses digelar disusul Festival Bumi La Maranginang pada 2022 yang juga tak kalah suksesnya.

Sementara tahun ini, Masamba Affair Festival juga diharap bisa mengikuti cerita sukses dua kali penyelenggaraan sebelumnya.

Guna memantapkan kegiatan, panitia menggelar rapat pemantapan, di Teras Adira, Masamba, Selasa (9/5/2023).

Rapat diikuti seluruh stakeholder terkait, di antaranya Perangkat Daerah (PD) yang tergabung dalam kepanitiaan yang dikoordinir Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Ketua KONI, Kasat Intel Polres Lutra, Kabag Ops Polres Lutra, dan Kasatlantas Polres Lutra.

Pertemuan dibuka Kepala Disporapar, Jumail Mappile. Dalam arahannya, Jumail menjelaskan bahwa rangkaian MAF 2023 mulai dilaksanakan pada 10 Mei 2023. Kendati demikian, secara resmi baru akan dibuka oleh Bupati Luwu Utara pada 13 Mei 2023 mendatang.

“Ada beberapa hal yang masih perlu kita matangkan, sehingga hari ini kita semua diundang untuk berkumpul membahas hal ini,” tutur Jumail. Menurutnya, rapat kali ini sangat urgen, karena akan membahas beberapa hal penting yang dirasa masih sangat kurang.

“Meskipun baru akan dibuka pada 13 Mei mendatang, tetapi mulai 10 Mei 2023, ada beberapa rangkaian kegiatan yang sudah berjalan. Di antaranya penyelesaian panggung utama di Kantor Bidang Kebudayaan (eks Kantor Samsat), termasuk di Lapangan Tamsis Masamba.

“Hal-hal yang masih ada kekurangan bisa bisa kita benahi, dan kita berharap semuanya bisa kita bicarakan hari ini, karena pada 10 Mei 2023 itu sudah ada kegiatan seni,” terangnya. Untuk itu, kata dia, panggung utama sudah harus selesai, termasuk kegiatan Expo UMKM.

Baca Juga :   Sukses, Gelaran Indonesia MotoGP Mandalika 2023 dengan Listrik PLN Tanpa Kedip

Sementara Penanggung Jawab MAF 2023, yang juga Kepala Bidang Pariwisata Disporapar, Bulan Masagena, berharap bahwa dengan kegiatan MAF 2023 ini, Luwu Utara makin menampakan pesonanya kepada seluruh peserta yang akan datang dari berbagai daerah.

“Semoga kegiatan Pesona Luwu Utara Masamba Affair Festival ini dapat membuat para peserta terpesona dengan Luwu Utara,” harapnya. Tak hanya itu, yang lebih penting, kata dia, MAF 2023, diharap memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

Di antaranya, lanjut dia, tingkat okupansi hotel-hotel di Masamba makin meningkat, keamanan makin terjaga, kenyamanan makin terasa, keindahan makin terlihat, dan paling penting dampak ekonomi makin dirasakan masyarakat dari adanya Eventt Pesona Luwu Utara ini.

“Semoga Pesona Luwu Utara yang kita gaungkan ini, memberikan perubahan yang signifikan di Luwu Utara, mulai dari hotel, kenyamanan, dan yang lainnya, sehingga ekonomi masyarakat meningkat yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Berikut beberapa kegiatan dalam Event Pesona Luwu Utara MAF 2023: (1) Masamba Run 10K dan Fun Run; (2) Expo UMKM dan Pameran Potensi Daerah; (3) Pagelaran Tari Kolosal Pesona Luwu Utara 1.000 Penari dan Tari Massal Rejang; (4) Lomba Tari Kreasi Sulsel; (5) Lomba Napak Tilas Masamba Affair; (6) Lomba Kuliner khas Daerah; serta (7) Fun XC Mountain Bike. (LH)