Menparekraf Beri Kuliah Umum di Poltekpar Makassar

105

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR –Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan kuliah umum di auditorium lantai 9, kampus Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Jumat (3/3/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memaparkan capaian pariwisata di tanah air secara nasional pada tahun 2022, utamanya jumlah wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 5,47 juta dan wisatawan nusantara (Wisnus) 703 juta.

”Target 2023 untuk Wisman yakni 3,5-7, 4 juta, Wisnus 1,2-1, 4 juta dengan nilai devisa 2,07-5, 95 USS,” ungkap Sandiaga.

Lebih lanjut diungkapkan Sandiaga, Ia untuk ekspor Ekonomi Kreatif ditargetkan 26,46 miliar USD, dengan nilai tambah Ekonomi Kreatif Rp1, 279 triliun.

“Jumlah tenaga kerja pariwisata dan ekonomi kreatif. Pariwisata 22,4 juta orang dan ekonomi kreatif 22,59 Juta orang,” sebutnya.

Menurut Sandiaga, arah kebijakan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif ini, perlu didukungan untuk percepatan, dan harus ada kolaborasi dari berbagai pihak.

Sementara, Direktur Poltekpar Makassar, Muhammad Arifin dalam sambutannya mengatakan, kuliah umum ini menjadi bukti kolaborasi dengan pentahelix yang ada di Sulsel, khususnya dengan masyarakat pelaku industri pariwisata.

Kegiatan ini adalah program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tahun ini kembali digelar dengan tema Membangun Pariwisata Berkelanjutan Melalui Kolaborasi.

“Pesertanya itu termasuk siswa SMK Pariwisata. Peserta ini Insya Allah akan mendapatkan pencerahan, bagaimana pengelolaan kepariwisataan di Indonesia,” ucapnya.

Nur Rachmat

Baca Juga :   Resmi Beroperasi, PLTS Terbesar di Sulawesi Selatan Tambah Bauran EBT