Pasar Modal Pertemukan Pihak Membutuhkan Dana Jangka Panjang

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Sekolah Pasar Modal Panin Sekuritas Makassar, bersama IDX KP Sulsel, kembali menyelenggarakan kegiatan webinar, via Google Meet, Sabtu (18/12/2021).

Kali ini, menghadirkan tiga pemateri. Pertama, Achmad Irfan Ibrahim dari Indonesia Stock Exchange KP Sulawesi Selatan.

Ia menyampaikan pentingnya Piramida prioritas perencanaan Keuangan untuk Estate Planning, Retiremen Plant, Tujuan Keuangan, Risk Management, Cash Flow dan Emergency.

“Peran pasar modal adalah mempertemukan pihak yang membutuhkan dana jangka panjang,  dengan pihak yang membutuhkan sarana investasi pada produk keuangan, berupa saham, obligasi, reksadana dan lain sebagainya. Serta keuntungan dan resiko berinvestasi saham,” ujarnya.

Selain itu, hadir pula Lisa Dentika, SE, MM mewakili PT Panin Sekuritas, Tbk Makassar, yang memaparkan nilai perusahaan (Firm value) merupakan potret bahwa perusahaan telah dikelola dengan kemasan berkinerja, sehingga direspon oleh investor dan harga saham menjadi seksi di pasar.

Harga saham perusahaan adalah harga yang diterima oleh investor atau pasar. Oleh karena itu lanjutnya, besar kecilnya nilai perusahaan dicerminkan oleh harga saham.

“Untuk meningkatkan nilai perusahaan,  tentunya perusahaan harus mampu mengelola keuangan dan menjalankan operasional perusahaan dengan baik. Tata kelola perusahaan akan mendorong mendorong nilai perusahaan,” tuturnya.

Sekolah Pasar Modal Panin Sekuritas Makassar kali ini dimoderatori Agus Alit Dharmaputra dari ARA Institute.

Nur Rachmat

Baca Juga :   Crowde Target Salurkan Modal ke Petani hingga Rp 70 Miliar