Pedagang di Tanjung Bira Senang Masjid Terapung Diresmikan

131
Deretan los pedagang di kawasan wisata Tanjung Bira, Bulukumba. POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, BULUKUMBA – Masyarakat, wisatawan dan para pedagang mengaku senang pascadiresmikannya masjid Thalhah Ubaidillah di kawasan Tanjung Bira, Bulukumba. Pasalnya mereka tidak perlu jauh lagi menuju masjid yang letaknya lebih jauh atau keluar pos pintu masuk kawasan.

Masjid yang dibangun menggunakan bantuan keuangan daerah Provinsi kepada  Bulukumba diresmikan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Sabtu, 4 Februari 2023 bersama Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf dan dihadiri Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras.

kehadiran masjid yang kini menjadi ikon baru kawasan wisata Tanjung Bira, diharapkan semakin membuat wisatawan nyaman berkunjung dan dapat beribadah dengan tenang. Sehingga, kunjungan wisatawan diharapkan meningkat yang notabena berdampak peningkatan ekonomi, utamanya UMKM.

Seorang pedagang, Maliang yang setiap hari menjual barang campuran, mengaku senang karena dekatnya masjid dengan tempatnya berdagang, membuatnya tidak khawatir terlambat beribadah.

“Sementara masjid yang di luar, saat salawat kita jalan, sampai di masjid sudah salat. Alhamdulillah dengan adanya masjid di sini, bisa salat tepat waktu. Terima kasihPak Gubernur, masjidnya nyaman. Selama ini memang banyak pengunjung mengeluh tidak ada masjid,” kata Maliang.

Warga lainnya, Suparman mantan nelayan, berharap masjid ini ikut mendukung pariwisata Bira. Bentuk wisata yang dihadirkan dengan nuansa relegius semakin berkarakter.

“Mudah-mudahan bisa memajukan dan mendukung pariwisata Bira. Masjid ini bukan hanya dibangun, tetapi kami bisa dimakmurkan,” harapnya.

Sedangkan, pengunjung lainnya, Nurwaty menyebutkan, “Pengunjung di sini kalau tiba waktu sholat mereka bisa dekat ke masjid untuk melaksanakan sholat. Dengan dibangunnya masjid ini bisa bermanfaat bagi masyarakat termasuk pengunjung-pengunjung. Setiap jumat bagusnya ada pengajian,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengapresiasi perhatian pembangunan fasilitas ini.

Baca Juga :   Kunker di Gowa, Sofha Marwah Bahtiar Tekankan Pencegahan Perkawinan Anak dan Percepatan Penurunan Stunting

“Desain masjid ini minimalis modern yang juga menjadi kondisi modernisasi di Bulukumba, saat ini juga beberapa bangunan di Bulukumba itu minimalis, ini kita konekkan antara yang satu dengan yang lainnya,” jelas Kadis PUTR Bulukumba, Andi Zulkifli Indrajaya.

Pembangunan masjid 2 tingkat dengan daya tampung 250 jamaah ini, merupakan salah satu bagian dari Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel TA 2022 untuk Kabupaten Bulukumba senilai Rp 19 Miliar.

“Memang kendala kita selama ini di sini. Khususnya wisatawan yang beragama Islam yang ingin melaksanakan salat lima waktu. Ini ditangkap dengan baik oleh Pak Gubernur dengan menghadirkan fasilitas ibadah yang luar biasa menurut kami. Bisa jadi fasilitas ibadah dan untuk wisata religi bagi masyarakat,” ucap Kepala Bidang Penataan Bangunan Dinas PUTR Kabupaten Bulukumba, Agus Wijaya.

(*)