Peduli Dunia Pendidikan, PLN Hadirkan Pendampingan Literasi Anak di Pulau Sanane

368
POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – PT PLN (Persero) menunjukan komitmennya dalam menjalankan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s), salah satunya adalah peningkatan kualitas pendidikan. Wujud komitmen tersebut tertuang dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli yaitupendampingan dan penyelenggaraan kelas literasi bahasa, numerik, agama dan keseharan kelas bagi 141 siswa/i Sekolah Dasar Negeri (SDN) 33 Sanane di Pulau Sanane, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan PLN memberikan perhatian khusus dalam dunia pendidikan utamanya bagi anak-anak Pulau Sanane yang berjarak 26 kilometer dari Kota Makassar dan hanya dapat ditempuh menggunakan perahu penumpang selama 2 jam.

POTO : ISTIMEWA

“Tidak hanya dalam bidang ketenagalistrikan, PLN juga hadir bagi anak pulau. Kami memandang program literasi yang berkesinambungan selama enam bulan ini perlu dilakukan sejak dini dan nantinya akan memberikan dampak positif terhadap prestasi akademik bagi anak,” ujar Andy.

Andy optimis, anak yang familiar dengan dunia literasi memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik di lingkungannya, memiliki kepercayaan diri serta motivasi untuk menjadi anak-anak yang berdedikasi tinggi.

“PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara terus berupaya hadir di tengah masyarakat. Kehadiran ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Andy.

Guru SDN 33 Sanane, Nirma turut mengapresiasi langkah PLN yang telah memberikan kepedulian dan perhatian kepada masyarakat Pulau Sanane dalam peningkatan literasi anak. “Hal ini sangat bermanfaat bagi kami dan merupakan sebuah keberkahan yang luar biasa karena kami terbantu dalam meningkatkan kemampuan literasi khususnya dalam hal baca tulis, berhitung, mengaji dan memiliki pemahaman yang baik terkait perilaku hidup sehat dan cinta lingkungan,” kata Nirma.

Baca Juga :   Pasar Murah BUMN di Kota Palopo, Erick Thohir : Kolaborasi BUMN, Solusi untuk Rakyat

Dirinya menyatakan, pihaknya selalu mendukung program ini agar berjalan dengan lancar dan baik. “Kami berharap nantinya pulau ini akan menjadi pulau yang religius, bersih, sehat dan terkhusus kepada anak-anak kami yang kelak akan menjadi generasi penerus juga memiliki kecakapan literasi,” tambahnya.

Salah seorang siswa kelas 3 SDN 33 Sanane, Muh. Syukur mengaku senang mengikuti program tersebut. “Terima kasih PLN Peduli, selain belajar membaca, berhitung, saya juga diajak bermain dan dapat buku baru,” ujar anak yang bercita-cita menjadi Ustaz tersebut. (*)