Pelatihan 70 Jam Pelajaran, Pemadam Kebakaran Makassar Tingkatkan Kesiapan Lapangan

127
Petugas Damkar mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan lapangan. POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar dan Kementerian Dalam Negeri menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran Program 70 Jam Pelajaran (JP) di Mako Damkar Makassar, Senin 4 – 10 Desember 2023.

Kepala Dinas Damkar Kota Makassar, Hasanuddin membuka kegiatan ini saat apel pagi. Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan pemadam kebakaran dalam menghadapi berbagai situasi darurat.

“Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkan, diperlukan tingkat pengetahuan yang memadai teentang api. Untuk itulah pelatihan ini sangat penting untuk dilaksanakan,” jelasnya.

Kepala Dinas Damkar Kota Makassar, Hasanuddin saat membuka kegiatan pelatihan petugas damkar pada apel pagi, Senin (04/12/2023). POTO : ISTIMEWA

Ia mengungkapkan, 84 peserta dilibatkan dalam program ini, yang mencakup materi esensial seputar pengenalan peralatan kebakaran, penanggulangan kebakaran, evakuasi, formasi regu, taktik penyelamatan, dan materi lainnya.

“Dengan durasiĀ  70 jam pelajaran atau satu minggu diharapkan peserta dapat memahami dengan baik tugas dan tanggung jawab sebagai pemadam kebakaran,” ucapnya.

Pelatihan ini tidak hanya bersifat teoritis, juga praktis dengan simulasi kebakaran di berbagai skenario. Hal ini dapat memberikan pengalaman langsung kepada peserta sehingga mereka lebih siap dan percaya diri ketika di lapangan.

Diharapkan keberhasilan program ini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kapabilitas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar dalam menanggulangi dan mencegah kebakaran di kota Makassar.

*/Editor : Bali Putra

Baca Juga :   Gandeng IBM Pemkot Makassar Luncurkan Aplikasi Peduli Kanker