Pemasyarakatan Kewirausahaan Libatkan 150 Mahasiswa Makassar

Keewirausahaan - Rapat Koordinasi persiapan kegiatan Pemasyarakatan dan Pelatihan Kewirausahaan dipimpin Kadiskop dan UKM Sulsel, Abdul Malik Faisal di ruang rapat Kadiskop dan UKM Sulsel, Rabu (28/2)

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR — Sedikitnya 150 mahasiswa dari empat perguruan tinggi swasta di Makassar, dipastikan mengikuti kegiatan Pemasyarakatan Kewirausahaan yang dijadwalkan berlangsung di Aerotel Smile Hotel Makassar, Selasa, 6 Maret 2018. Sebanyak 150 mahasiswa tersebut merupakan hasil seleksi dari kampus masing-masing dan sudah memiliki rintisan usaha.

Empat perguruan tinggi swasta di Makassar yang melibatkan mahasiswanya dalam kegiatan Pemasyarakatan Kewirausahaan dengan tema “Gerakan Mahasiswa Pengusaha”, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Universtas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia dan STIE Amkop Makassar.

Kegiatan ini digagas Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM dan akan dilaksanakan di sembilan provinsi, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi. Bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM, perguruan tinggi di masing-masing provinsi dan Kelompok Media Bali Post

Dari 150 mahasiswa peserta Pemasyarakatan Kewirausahaan, kemudian diseleksi dan diloloskan 80 mahasiswa untuk ikut Pelatihan Kewirausahaan selama tiga hari, 8-10 Maret 2018.

Setelah pelatihan dengan materi seperti Teknik Berwirausaha, Proposal Usaha, Laporan keuangan, Manajemen Usaha, E-Commerce, Perkoperasian, dan Teknik Pemasaran Produk, mereka kembali diseleksi dan diloloskan 20 mahasiswa yang kemudian akan dibina secara berkelanjutan dan mendapatkan penguatan modal usaha dalam Start Up Capital.

“Kami berharap, dari kegiatan ini muncul pengusaha-pengusaha muda dari kalangan mahasiswa. Apalagi di zaman milenial, minat anak muda menjadi pengusaha sangat tinggi. Tinggal bagaimana mereka diarahkan untuk bisa menjadi pengusaha suskes,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan, Abdul Malik Faisal saat rapat koordinasi persiapan kegiatan Pemasyarakatan dan Pelatihan Kewirausahaan di ruang Rapat Kadiskop dan UKM Sulsel, Rabu (28/2). Rapat koordinasi melibatkan pihak dari Kementerian Koperasi dan UKM, Diskop dan UKM Sulsel, Rektor dan perwakilan dari UMI Makassar, Unismuh, STIE Nobel dan STIE Amkop. /Bali Putra

Baca Juga :   Stand Pameran Terfavorit