Pendaftaran Calon Komisioner KPID Sulsel Berakhir, Guru Hingga Wartawan Ikut Mendaftar

145
POTO : ISTIMEWA

 

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Tahapan pendaftaran Calon Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sulawesi Selatan Periode 2023-2026 telah berakhir. Pendaftaran dibuka selama sebulan 18 September – 18 Oktober 2023.

Sesuai aturan PKP, Tim Seleksi KPID Sulsel tidak memperpanjang masa pendaftaran. Wakil Ketua Timsel, Andi Lukman, menyebutkan, pendaftar mencapai 65 orang dari berbagai profesi. Selanjutnya, Timsel melakukan verifikasi faktual berkas pendaftar.

“Jumlah pendaftar tahun ini bertambah dan beragam dari berbagai profesi dan latar belakang,” Ungkap Lukman, Sabtu (21/10/2023).

Dari 65 pendaftar, diantaranya ada akademisi, wartawan, pengacara, Lembaga Swadaya Masyarakat, guru, dosen serta mereka yang pernah berkecimpung dalam dunia kelembagaan Komisi Informasi dan Pemilu.

“Meskipun berkasnya lengkap, Timsel masih lakukan verifikasi berkas. Akan dilakukan pengecekan faktual,” tambah Lukman.

Sementara, Ketua Timsel, Anno Suparno, menyampaikan, banyaknya jumlah pendaftar menunjukkan besarnya animo dan antusiasme masyarakat ikut dalam seleksi KPID periode ini. Walaupun tantangan yang dihadapi kelembagaan KPID semakin besar di era digitalisasi penyiaran nantinya.

“InsyaAllah berdasarkan tahapan kami akan mengumumkan peserta yang lulus berkas di tanggal 27 Oktober nanti,” pungkas pria yang akrab dipanggil Anno ini.

Dari 65 pendaftar tersebut, 14 diantaranya adalah perempuan sementara 51 laki laki. Kualifikasi pekerjaan terdiri dari ASN, KPU, mahasiswa, pegawai swasta, peneliti, pengacara, KIP, pegawai keuangan, sekretaris prodi, dan pensiunan ASN.

Sesuai tahapan, maka pihak Timsel akan mengumumkan hasil pemeriksaaan berkas administrasi. Mereka yang lolos administrasi selanjutnya akan mengikuti tes CAT, Psikotest, dan pendalaman visi misi yang akan dilakukan oleh lima orang Timsel. (*)

Baca Juga :   Anggota DPRD Makassar Rezki Imbau Orang Tua Lindungi Anak