Percepat Elektronifikasi Transaksi Pemda, BI Sulsel Bentuk Tim TP2DD

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Dalam rangka mendukung inovasi, percepatan, dan perluasan elektronifikasi transaksi pemda (ETP), Bank Indonesia (BI) membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Kegiatan ini berlangsung di Hotel Four Points Makassar, Selasa (01/12/2020).

Direktur Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Perwakilan Sulsel, Endang Kurnia Saputra mengatakan, TP2DD dibentuk juga untuk mengintegrasikan pengelolaan keuangan daerah, serta wujud dukungan terhadap integrasi ekonomi dan keuangan digital.

“Hari ini kami melakukan seremoni penandatanganan SK tim TP2DD oleh

POTO : MASYUDI FIRMANSYAH/BISNIS SULAWESI

dua pemerintah kota, dan tiga pemerintah kabupaten di Sulsel,” ujarnya.

Adapun daerah yang dibentuk tim TP2DD yakni Makassar, Pemkot Pare-pare, Pemkab Maros, Pemkab Barru, dan Pemkab Gowa.

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Sulsel Prof. Dr. Ir. H.M. Nurdin Abdullah, M.Agr, Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel Bambang Kusmiarso, Kepala OJK Regional 6 Sulawesi Moh. Nurdin Subandi.

Menurut Endang,  sedikitnya terdapat tiga manfaat dibentuknya TP2DD di empat Kabupaten dan dua Kota di Sulsel. Pertama, pengelolaan keuangan daerah diharapkan menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah, ekonomi inklusif bertambah kuat, dan kesejahteraan dapat lebih merata.

“Manfaat lain dari pembentukan tim TP2DD yakni pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan kualitasnya melalui transaksi keuangan yang lebih cepat, mencegah

kebocoran anggaran pendapatan dan belanja, serta menciptakan transparansi. Terakhir tentunya integrasi ekonomi dan keuangan digital dapat terwujud,” jelas Endang. Nur Rachmat

Baca Juga :   INDEF : Grab Cegah Brain Drain Anak Bangsa