Peringati Hari Lahir Pancasila, Lantamal VI Ikuti Upacara Secara Virtual 

82

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Selasa (01/6/21), Personel Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar memperingati Hari Lahir Pancasila 2021dengan cara berbeda dan kreatif. Di tengah Pandemi Covid 19, peringatan hari besar sejarah bagi bangsa Indonesia tersebut dilaksanakan secara virtual dan terpusat di Gedung Pancasila Jalan Pejambon 6, Jakarta pusat.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 bertemakan ”Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh” tersebut dipimpin langsung Presiden RI Ir. H. Joko Widodo secara virtual dari Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat dan diikuti seluruh
pejabat pemerintah serta TNI/POLRI di seluruh Indonesia.

Meskipun di tengah Pandemi Covid-19, semangat untuk memperingati Hari Lahir Pancasila tercermin dari antusias personel Lantamal VI dengan mengikuti jalannya upacara yang dilaksanakan di Gedung Pancasila Jakarta secara virtual melalui siaran televisi maupun melalui fasilitas handphone dengan jaringan internet.

Kadispen Lantamal VI Kapten Laut (KH) Suparman Sulo mengungkapkan, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini dilaksanakan secara terpusat dan wajib diikuti seluruh personel baik militer maupun PNS TNI yang berada di seluruh Indonesia sesuai  surat Mabes TNI nomor B/2255-08/01/35/Spers perihal Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021.

“Atas dasar tersebut dan perintah dari pimpinan, maka seluruh personel Lantamal VI wajib mengikutinya dengan cara melalui Virtual Reality, ada yang mengikutinya sambil menonton siaran langsung di televisi dan melalui jaringan internet,” ujarnya.

POTO : ISTIMEWA

Pelaksanaan pun dilakukan di kantor bagi personel yang sedang bertugas dan juga di Kapal perang TNI AL yang sedang berlayar seperti KAL Mamuju II-6-64 yang saat ini sedang melaksanakan operasi di tengah laut ataupun dari rumah sendiri dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga :   Gelar Talkshow Pelayanan Publik, BKIPM Makassar Hadirkan Ombudsman Sebagai Narasumber

“Inilah cara kreatif para personel Lantamal VI untuk tetap menumbuhkan rasa jiwa nasionalisme dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila di tengah Pandemi Covid-19,”, ujarnya.

***