Pertamina Hadirkan Kampung Safety 

168

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, bersama dengan Pemadam Kebakaran Kota Makassar, melalui program Kampung Safety, sukses menggelar pelatihan dan simulasi kebakaran 2022 di di Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Selasa (8/3/2022).

Supervisor Communication and Relation  PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Taufik Kurniawan mengatakan, Kampung Safety Pertamina merupakan  bentuk komitmen Pertamina, untuk mengajak warga sekitar, untuk turut serta mengedepankan aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE).

“Jadi kegiatan Kampung Safety ini terdiri atas pelatihan penanganan api kecil, penanganan korban dan simulasi bencana kebakaran yang diikuti sekitar 20 orang,”tuturnya.

Lanjut Taufik, Kelurahan Tamalabba dan Kelurahan Pattingalloang  telah menjadi percontohan Kampung Safety Pertamina sejak tahun 2017, dan  terus dilakukan rutin setiap tahunnya, untuk mengasah ingatan masyarakat sekaligus membentuk personel siaga.

Adapun tujuan dari Kampung Safety, menurut Taufik, untuk mengasah kemampuan kader Safetyman, dalam menanggulangi bencana kebakaran.

Safetyman merupakan warga yang telah diberikan edukasi terkait bencana kebakaran, mulai dari aspek safety, pencegahan hingga penanganannya.

Di Kota Makassar, ada sebanyak 30 orang Safetyman. Masing-masing 15 orang berasal dari dua kelurahan di Kecamatan Ujung Tanah, yang telah didaulat menjadi Kampung Safety, program Corporate Social Responcibility (CSR) Pertamina.

Nur Rachmat

Baca Juga :   Warung Ropang Perintis Gelar Donor Darah