PLN Gerak Cepat Pulihkan Listrik Pascabanjir dan Longsor

89
POTO : ISTIMEWA

BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR – Curah Hujan yang tinggi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan beberapa hari lalu, mengakibatkan banjir, longsor dan pohon tumbang. Juga mengakibatkan tiang PLN patah beberapa aset kelistrikan terganggu.

Gardu distribusi PLN di beberapa daerah terendam banjir, membuat petugas PLN terpaksa mematikan pasokan listrik agar tetap aman sampai pelanggan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat, Moch. Andy Adchaminoerdin mencatat, sebanyak 13.281 pelanggan di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju dan lima kecamatan di Kabupaten Toraja Utara terdampak rusaknya infrastruktur PLN.

“Alhamdulillah, dalam rentang 3 hari sampai Jumat (14/10) pukul 13.00 WITA sudah 12.796 pelanggan atau sebesar 96,35% pelanggan terdampak berhasil kami pulihkan pasokan listriknya,” terang Andy.

Dikatakan, ampai saat ini, petugas PLN masih terus bekerja memulihkan pasokan listrik di lapangan untuk memperbaiki aset-aset kelistrikan PLN yang terdampak dan bersyukur pasokan listrik di daerah terdampak Kabupaten Toraja Utara sudah pulih.

Dirinya menyebut tantangan yang dihadapi petugas PLN dalam proses penormalan adalah kondisi longsor dan pohon tumbang sehingga mengakibatkan terhalangnya akses jalan serta intensitas curah hujan yang masih tinggi.

 

Andy juga mengimbau masyarakat agar memastikan semua instalasi listrik dan peralatan elektronik telah kering dan aman sebelum dinyalakan untuk menghindari korsleting listrik.

“Apabila masyarakat membutuhkan layanan kelistrikan selanjutnya bisa menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile,” ujar Andy.

 

POTO : ISTIMEWA

YBM PLN Salurkan Bantuan

Sementara itu, di samping pemulihan pasokan listrik, PLN juga turut aktif memberikan bantuan kepada para warga yang terdampak banjir bandang.

Melalui Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mamuju dan UP3 Palopo menyalurkan bantuan berupa paket makanan siap saji, beras, air mineral serta kebutuhan utama lainnya bagi masyarakat di Kec. Kalukku, Kabupaten Mamuju serta di Toraja Utara.

Baca Juga :   Hanya Dengan Rp250 Ribu, Diner Romantis Saat Valantine di Hotel Santika Makassar

“PLN selain berfokus pada pemulihan pasokan listrik  kami juga berempati kepasa masyarakat, semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan bencana ini dapat cepat berlalu,” tandasnya.

rls