PMI Gandeng Grab, Pengantaran Dokumen dan Kantong Darah di Makassar

(Ki-ka) Ketua PMI Kota Makassar Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.Sos., M.Si,  bersama Director of East Indonesia Grab Indonesia Halim Wijaya, saat menandatangani kerja sama dalam menyediakan layanan pengantaran dokumen dan kantong darah, bagi penerima donor darah melalui layanan kurir GrabExpress. POTO : ISTIMEWA
BISNISSULAWESI.COM, MAKASSAR –  Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar menggandeng Grab, menyediakan layanan pengantaran dokumen dan kantong darah bagi penerima donor darah, melalui layanan kurir GrabExpress.
Kolaborasi ini hadir sebagai bagian dari program ‘Siagang’ dari Grab, dalam rangka memperingati hari jadi ke-414 Kota Makassar. Grab bekerja sama dengan PMI, untuk menghadirkan layanan ini, untuk  memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah, tanpa harus mendatangi langsung kantor PMI Makassar.
Perjanjian kerja sama antara Grab dan PMI Makassar, ditandatangani oleh Director of East Indonesia Grab Indonesia Halim Wijaya, dan Ketua PMI Kota Makassar Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.Sos., M.Si.
Dengan GrabExpress menjadi mitra resmi pengantaran dari PMI Makassar, disediakan tas khusus pengantaran kantong darah, yang dipastikan sudah mengikuti prosedur standar operasional, dan ratusan mitra pengemudi akan mengikuti pelatihan khusus prosedur distribusi darah, untuk menjaga kualitas dan keamanan kantong darah.
Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan bagi jumlah pasokan darah di PMI. Hal ini disebabkan berkurangnya kegiatan donor darah. Saat ini, stok darah nasional semakin jauh dari perhitungan minimal WHO, yaitu sebesar 2% dari total penduduk atau setara 5,2 juta kantong per tahun. Bahkan, standar tersebut pun sulit dicapai saat sebelum pandemi.
Untuk mendukung PMI Makassar, dalam memastikan tersedianya suplai darah di wilayah Timur Indonesia, Grab bersama dengan PMI Makassar juga menyelenggarakan aktivitas “Donor Darah bersama Mitra Pengemudi Grab” beserta anggota keluarga yang berlangsung pada 10 – 11 November 2021 di Mal Nipah dan Kantor PMI Makassar.
Director of East Indonesia, Grab Indonesia, Halim Wijaya, mengatakan, misi GrabForGood mendorong untuk terus membawa dampak positif dari teknologi bagi Makassar.
“Melalui kolaborasi ini, kami juga ingin memberikan peluang pendapatan baru bagi para mitra pengantaran GrabExpress.  Dengan bergotong royong, bersama kita tentu dapat melalui tantangan pandemi ini untuk bangkit kembali. Saya ucapkan selamat hari jadi ke-414 Kota Makassar,” ujarnya.
Sementara, Ketua PMI Kota Makassar Dr. H. Syamsu Rizal MIS.Sos, M.Si. juga menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Grab, mengambil peran dalam misi kemanusiaan, dalam layanan transportasi untuk membantu penyediaan stok darah,  serta pendistribusian kantong darah dari PMI.
Nur Rachmat
Baca Juga :   Tonasa Peduli, Bagikan Life Jacket dan Mimbar Masjid